oleh

Memastikan BST, Bupati Blitar, Monitoring Di Kecamatan Talun

-Blitar-7 views

Blitar, Infobanua.co.id – Bupati Blitar Rijanto, hari ini Senin 08-06-2020, memonitoring pelaksanakan
menyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI tahap II di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Disamping memonitor, Rijanto juga menyerahkan secara simbolik BST di Desa Sragi dan Desa Wonorejo, Kecamatan Talun.

BST ini berupa uang tunai sebesar Rp.600 ribu dari Kemensos, sesuai jadual, penyaluran tahap kedua ini berlangsung selama 4 hari di seluruh wilayah  Kabupaten Blitar.

“Kami terus mobile memonitoring penyaluran BST. Selain Kecamatan Talun, kami juga terus memonitoring penyaluran di wilayah kecamatan lainnya. Monitoring ini untuk memastikan penyaluran berjalan lancar. Harus sesuai target, dalam waku 4 hari penyaluran BST harus selesai, dimulai Minggu dan selesai Rabu nanti,” kata Rijanto kepada awak media.

Menurut Rijanto bahwa, seluruh penyelenggara yang terlibat dalam penyaluran bantuan sosial tunai ini harus kerja keras. Pihaknya senang jika stakeholder di tingkat kecamatan dan tingkat desa sangat aktif melaksanakan pemantauan demi kelancaran penyaluran bansos dari Kemensos RI.

“Kami harus pastikan penyaluran bantuan berjalan lancar tanpa hambatan. Kalau ada masalah, harus segera kami selesaikan. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan,” jlentreh Rijanto.

Dalam kesempatan ini, selain memastikan bantuan benar-benar tepat sasaran, bupati juga memberikan sosialisasi agar mekanisme bansos dipahami dan diterima masyarakat.

“Bantuan sosial untuk warga terdampak covid-19 ini macamnya banyak. Ada BST dari Kemensos RI, BPNT, PKH. Ada yang mendapat bantuan sembako dari provinsi, sembako dari Kabupaten, ada bansos dana desa Rp 600 ribu. Yang perlu dipahami, setiap penerima tidak boleh dobel. Kalaupun ada yang belum menerima dan belum terdata serta layak untuk dibantu, insya Allah dari kepala desa, babinsa dan bhabinkamtibmas akan mencatat dan memperjuangkan,” terang Rijanto.

Selanjutnya Rijanto mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik menghadapi masa pandemi covid-19. Bupati juga memastikan jika bansos akan dibagikan secara merata baik itu dari CSR maupun dari instansi TNI-Polri.

“Semua pintu bisa membantu. Oleh karena itu, masalah harus bisa kita selesaikan dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar Romelan menyampaikan bahwa, data sementara untuk penerima BST tahap II di Kabupaten Blitar tercatat sekitar 38 ribu orang. Data tersebut kemungkinan bisa bertambah sewaktu-waktu melalui kebijakan Kemensos RI.

Bantuan sosial tunai Rp 600 ribu dari Kemensos diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan rentan yang terkena dampak pandemi virus covid-19.

“Data sekitar 38 ribu itu sama dengan data penyaluran BST tahap pertama. Saat ini kita mulai untuk penyaluran tahap kedua. Data penerima bisa bertambah, kebijakanya ada di ranah Kemensos,” terangnya. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed