oleh

192 Warga Binanan Lapas Kelas 2B Blitar, Dapat Asimilasi

-Blitar-3 views

Blitar, Infobanua.co.id – Sampai hari ini Selasa 09-06-2020, sudah 192 orang warga binaan atau narapidana, Lapas Kelas 2B Blitar yang mendapat asimilasi atau pembebasan bersyarat akibat pandemi virus covid-19.

Kepala Keamanan Lapas Kelas 2B Blitar, Bambang Setiawan mengatakan bahwa, hingga saat ini sudah ada 192 warga binaan atau narapidana Lapas Kelas 2B Blitar yang sudah mendapatkan pembebasan bersyarat atau asimilasi sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020 tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi napi dan anak dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19.

“Jumlah warga binaan asimilasi diperkirakan masih bisa bertambah lagi hingga program asimilasi dari Kemenkum HAM berakhir,” kata Kepala Keamanan Lapas Kelas 2B Blitar, Bambang Setiawan.

Menurut Bambang bahwa, para warga binaan yang mendapat pembebasan bersyarat melalui program asimilasi dan hak integrasi minimal sudah menjalani separuh hukuman pidana dan memiliki catatan kelakuan baik, selama di lapas.

“Program asimilasi dan hak integrasi tidak berlaku untuk semua napi. Khusus napi yang tersangkut kasus sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan untuk sementara tidak mendapat kesempatan program asimilasi dan hak integrasi. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed