oleh

Bupati Blitar, Tinjau Kampung Tangguh Di Kecamatan Selopuro

-Blitar-7 views

Blitar, Infobanua.co.id – Bupati Blitar, Rijanto bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau langsung Kampung Tangguh Bencana di Desa Jambewangi, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

Dalam kesempatan itu, Rijanto menyampaikan bahwa, apresiasi dan terima kasih kepada seluruh aparat yang ada di Kecamatan Selopuro yakni tiga pilar, bersama dinas kesehatan, dan kepala desa yang didukung oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, tokoh ulama dan tokoh masyarakat.

“Ini adalah kegiatan yang nyata yakni gotong royong dalam masyarakat yang dikemas menjadi suatu kondisi yang setiap saat siap menghadapi ancaman bencana,” kata Rijanto, kepada awak media, Selasa 09-06-2020.

Menurut Rijanto, di Desa Jambewangi sudah dipetakan seperti penduduk lansia yang rawan terhadap kondisi penyakit, juga ibu hamil, dan penduduk yang mempunyai penyakit kronis.

“ini memudahkan masyarakat untuk bergerak dan mengambil langkah pertolongan pertama, termasuk kegiatan ronda malam untuk menekan angka kriminalitas di desa,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa, kegiatan gotong royong pungutan sukarela atau jimpitan juga sudah berjalan.

“Jika ini terus dilestarikan, ini adalah budaya leluhur kita yakni budaya gotong royong yang peduli terhadap sesama,” terang Rijanto.

Sesuai arahan pemerintah daerah, yakni semua desa harus mempunyai kampung tangguh bencana, dan sampai sekarang ada yang masih berproses dan ada yang sudah membuat.

Saat ini kita sedang menghadapi new normal life atau tatanan kehidupan baru ditengah pandemi covid-19 pada semua bidang dan sektor, termasuk masalah keagamaan.

“Seperti kita melaksanakan ibadah di masjid atau musholla, protokol kesehatan harus diterapkan, yaitu pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak, jadi semua itu harus kita laksanakan dengan disiplin.” Pungkas Rijanto. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed