oleh

Update Covid-19 Trenggalek : Tambah 1 Pasien Positif dan 6 Pasien Sembuh 

-JATIM-6 views

Trenggalek,Infobanua.co.id – Ada lagi tambahan 1 pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, tambahan pasien positif covid-19 ini berasal dari cluster pemudik dari kota Surabaya.

Tambahan 1 pasien positif covid-19 di kabupaten Trenggalek disampaikan Bupati, Moch Nur Arifin melalui Juru Bicara Covid-19 dr.Murti Rukiandari, melalui Pers rilis di gedung smart center, Rabu (10/6/2020) malam.

Pasien 14 Trenggalek ini berasal dari Desa Ngrambingan,Kecamatan Panggul, kabupaten Trenggalek. perempuan 18 tahun yang bekerja di salah satu perusahaan sarang burung walet di Kota Surabaya.

Pasien 14 ini merupakan teman kerja dari Pasien 09 yang berasal dari Desa Ngulung Kulon, Kecamatan Munjungan yang beberapa hari sebelumnya telah dinyatakan Positif Covid-19.

Gus Ipin menyebutkan bawasanya ada sekitar 70 karyawan di perusahaan pengolahan Sarang Burung Walet tempat pasien 14 dan 09 bekerja.sedangkan karyawan yang tidur di Ruko sebanyak 6 orang, 2 diantaranya  pasien positif asal Trenggalek ini.

Pada 21 Mei lalu keduanya melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman menggunakan jasa travel bersama 5 penumpang lainnya.keesokannya pihak keluarga melaporkan kedatangan Pasien 14 ke satgas Desa Ngrambingan.

Saat kedatangan Pasien 14 tidak mempunyai keluhan apapun, baik panas, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas atau gejala awal Corona lainnya.

Satgas desa kemudian menghimbau kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Selanjutnya tanggal 30 Mei Pasien 14 dilakukan Rapid Test karena termasuk salah satu kontak erat pasien 09.Hasil Rapid Test Pasien 14 kala itu non reaktif.

Kemudian pada tanggal 6 Juni dilakukan Rapid Test kedua oleh Puskesmas Panggul dan hasilnya reaktif. Karena reaktif yang bersangkutan diminta untuk tetap melakukan karantina mandiri di rumah sambil menunggu Swab Test.

Pada tanggal 8 Juni dilakukan pengambilan specimen Swab Test di RSUD dr Soedomo Trenggalek.tanggal 10 Juni hasil Swab Test dari BBLK Surabaya, Pasien 14 ini dinyatakan Positif Covid-19.

Berbekal hasil Swab Test ini, Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten Trenggalek segera melakukan beberapa langkah antisipasi dengan mengisolasi Pasien 14 di Asrama BKD guna memantau perkembangan penyakitnya. Pemerintah juga melakukan tracing kepada seluruh kontak erat Pasien 14.

Terdata ada 10 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berkontak erat dengan Pasien 14, yaitu mulai dari bapak dan ibu Pasien 14 yang bekerja sebagai petani. Hasil Rapid Test keduanya non reaktif.

OTG lain, kakak Pasien 14 yang berprofesi sebagai karyawan swasta. Yang bersangkutan belum dilakukan Rapid Test, karena tidak ada ditempat saat dilakukan kunjungan petugas.

Dua teman kerja yang mudik bersamaan dalam satu travel (2 kali Rapid Test hasilnya non reaktif).

Dua orang Sopir Travel karena selama perjalanan telah terjadi pergantian sopir dan telah dilakukan Rapid Test dan hasilnya Non Reaktif.

Beberapa langkah lain yang diambil gugus tugas Covid-19 Kabupaten Trenggalek adalah menerapkan isolasi di Rumah bagi OTG pasien 14.selanjutnya melakukan tracing terhadap kemungkinan kontak erat pasien 14 lainnya.

Menetapkan kawasan displin Physical Distancing dilokasi sekitar titik isolasi mandiri OTG, serta menunjuk Camat Panggul sebagai penghubung khusus, yang bertugas memantau kesehatan dan kebutuhan OTG pasien 14 serta bantuan sosial bagi KK yang terdampak penetapan zona disiplin Physical Distancing.

Disinfeksi juga akan dilakukan secara berkala di sekitar lokasi kawasan disiplin Phyisical Distancing termasuk pembagian masker untuk warga.

Kabar gembira, 6 pasien yang sebelumnya dinyatakan Positif Covid-19 dinyatakan sembuh, setelah hasil Swab Test ke 2 mereka hasilnya negatif.

Ke 6 pasien yang dinyatakan sembuh ini, diantaranya pasien 06, 07, 08, 09, 10 dan 11. tentunya dengan kesembuhan 6 Pasien ini maka menyisakan 3 pasien Covid-19 yang belum sembuh di Trenggalek dan tidak ada kasus kematian.

penulis : Sarno

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed