oleh

Dialog Interaktif : Cerdas Bermedia di Masa New Normal

TEGAL, infobanua.co.id – Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Fuad Hidayat mengatakan dalam menghadapi New Normal ini masyarakat harus siap menerima perubahan tatanan perubahan perilaku kehidupan baru dalam melakukan kegiatan sehari hari.  Senantiasa menggunakan cara-cara atau wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, perilaku hidup sehat dan bersih dan membiasakan dengan mendisiplinkan diri untuk me-recovery kehidupan dalam segala hal.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah pada dialog interaktif di LPPL Kabupaten Tegal Radio Slawi FM Rabu sore (10/06/10). Talkshow dengan thema “Cerdas Bermedia Dimasa New Normal” yang dipandu hoost  Bung TW juga dihadiri Wakil Ketua Komisioner  dan Kordinator Bidang Penataan Infra Struktur KPID Provinsi Jawa Tengah Asep Cuwantoro dan Koordinator Bidang Pelayanan Perizinan Setiawan Hendra Kelana.

Lebih lanjut Fuad Hudayat mengatakan, tatanan kehidupan baru sesuai  protocol kesehetan itu bertujuan agar masyarakat tetap dapat bekerja, berusaha dan  beraktifitas tetapi tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

Fuad Hidayat meminta kepada lembaga penyiaran baik radio maupun televisi, agar menyampaikan data dan informasi yang valid dan otentik. Sebab masyarakat membutuhkan informasi dan data-data yang otentik, valid dan berdasarkan sumber sumber yang jelas agar dapat dijadikan referensi bagi masyarakat, dan bukan merupakan informasi yang Hoaks sehingga menyesatkan.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah juga mempunyai saluran saluran resmi baik melalui DPRD maupun Pemprov yang dapat menjadi sarana bagi masyarakat yang menginginkan informasi yang benar.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pelayanan Perizinan Setiawan Hendra Kelana mengatakan sebagai upaya menyikapi penyebaran wabah virus corona/covid-19 dan menuju tatanan kehidupan baru atau New Normal, KPID Jawa Tengah meminta keterlibatan dan kepedulian lembaga penyiaran dalam penyampaian informasi penting yang berkaitan dengan wabah Pandemi Covid 19. Informasi yang benar dan massif diperlukan demi menjaga keutuhan dan keselamatan bangsa dan negara. Untuk itu KPID Jawa Tengah menggangap perlu adanya sosialisasi kepada Lembaga Penyiaran dan khalayak masyarakat.

Terkait status New Normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah, media mempunyai peran yang sangat besar dan  strategis  dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat beraktifitas dan bersosialisasi secara aman.

Media Penyiaran Radio dan Televisi harus memposisikan diri sebagai penyambung  antara pengambil kebijakan dengan masyarakat, agar masyarakat tidak kehilangan informasi dan salah dalam mengambil tindakan dalam menghadapi New Normal yang sebenarnya harus dilakukan.

Pada masa Pandemi Covid 19 rating penyiaran Radio dan Televisi mengalami kenaikan yang signifikan ,disebabkan banyak masyarakat yang membutuhkan informasi yang mudah dijangkau.

KPID Provinsi Jawa Tengah berharap lembaga penyiaran dapat berkontribusi dalam upaya membantu mensosialisasikan upaya pencegahan pandemi Covid-19. “Juga menyiarkan informasi yang mendidik ,mencerdaskan dan benar dengan memastikan siapa sumber informasinya,” tegas Setiawan Hendra Kelana

Wakil Ketua KPID Provinsi Jawa Tengah Asep Cuwantoro menambahkan, bahwa pihaknya selalu mendorong lembaga lembaga penyiaran yang ada di Jawa Tengah agar selalu proaktif dalam memberikan informasi dan menjadi media yang dapat membangkitkan gairah, memberikan motivasi, pencerahan dan  menumbuhkan harapan bahwa  masyarakat. Sehingga masyarakat tetap  dapat survive dan dapat melawan Covid 19 diantaranya dengan selalu memperoleh hiburan dari siaran radio dan televisi sebagai salah satu alternative. “Dengan terhibur dan bahagia dapat menjadi penyembuh karena dengan selalu riang gembira, imun tubuh dan daya tahan tubuh juga  kuat”, tegas Asep Cuwantoro..

Direktur Utama LPPL Slawi FM Kusnianto menyatakan senang dan sangat terkesan atas kunjungan Wakil Ketua Komisi A DPRD dan Komisioner KPID Jawa Tengah serta  siap menjalankan harapan   mereka agar lembaga penyiaran dapat   memberikan informasi dan data yang valid serta  otentik berdasarkan sumber yang jelas sekaligus menghibur masyarakat. Hal ini  sesuai dengan tagline kami “Slawi FM : Radio Informasi dan Hiburan”, pungkasnya

Diakhir kunjungannya, Komisioner KPID dan juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah melakukan rekaman take voice pembuatan Iklan Layan Masyarakat di studio produksi Radio Slawi FM. (Hartadi Setiawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed