oleh

Kabupaten Trenggalek Masuk Zona Beresiko Rendah Covid-19

-JATIM-11 views

Trenggalek,Infobanua.co.id – Kabupaten Trenggalek,Jawa Timur. kini turun status menjadi Zona kuning ( beresiko rendah) Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin di Pendapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Kamis (11/6/2020).

“Patut di syukuri saat ini, kabupaten Trenggalek termasuk ke dalam Zona kuning Jawa Timur. meskipun ada 14 pasien yang terkonfirmasi positif, namun kasus Covid-19 di tempat kita ini cenderung terkendali,” terangnya.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada peningkatan kasus dari PDP ( Pasien Dalam Pengawasan) menjadi positif, tidak ada pelonjakan yang signifikan, banyak kasus yang sembuh, tidak ada kematian pasien positif dan tidak terjadi over kapasitas pada pasilitas kesehatan kita.

New normal bukan berarti semuanya semakin longgar melainkan masyarakat justru harus meningkatkan kewaspadaan sampai vaksin virus ini ditemukan.

“Tetap waspada, disiplin, jaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat, patuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama,” pesan Nur Arifin.

Saat ini di wilayah Jawa Timur yang berstatus Zona merah Covid-19 tinggal 11 kabupaten/kota.

11 Kabupaten/kota yang berstatus zona merah adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pamekasan, Jombang, Malang, Situbondo, Bojonegoro, Pasuruan, Tuban, Lamongan, Kota mojokerto, Kota Batu, Kediri, dan Mojokerto.

Sedangkan 5 kabupaten/kota yang turun status menjadi zona kuning atau berisiko rendah yakni kabupaten Trenggalek, Kota Pasuruan, kabupaten Ponorogo, kabupaten Lumajang, dan Kota Blitar.

Sementara itu, 22 daerah berstatus zona oranye atau memiliki risiko sedang yaitu Sampang, Kota probolinggo, Bondowoso, Madiun, Blitar, Jember, Probolinggo, Nganjuk, Bangkalan, Sumenep, Tulungagung, Banyuwangi, Magetan, Ngawi, Kota kediri, Kota Malang, Pacitan, hingga Kota Madiun.

Zonasi ini sesuai dengan indikator dari Gugus Tugas Pusat berdasarkan risiko tinggi, sedang, dan rendah serta area tidak terdampak.

penulis : Sarno

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed