oleh

Bupati Blitar, Srrahkan Beras Kepada Warganya di Ujung Paling Utara

-Blitar-7 views

Blitar, Infobanua.co.id – Bupati Blitar Rijanto, bersama Sekda Totok Subihandono, melaksanakan silaturahmi, mengunjungi ke beberapa kampung.

Diantaranya Kampung Anyar di Dusun Gambaranyar, Desa Sumberasri, Dusun Kalibladak dan Dusun  Kalikuning di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kedatangan Rijanto, disambut warga setempat dengan penuh kegembiraan. Selanjutnya Bupati dan Sekda berbincang-bincang bersama warga dengan penuh  keakraban.

Bagi warga Kecamatan Nglegok, Rijanto bukanlah sosok yang asing. Jauh sebelum menjabat sebagai Kepala Daerah Kabupaten Blitar, dirinya pernah menjadi Camat di Nglegok pada awal dekade 1990-an.

“Sekitar tahun 1990, saat Gunung Kelud meletus, saya punya sejarah disini. Rakyat sini tahu semua,” kata Rijanto, kepada awak media, Jum’at 12-06-2020.

Menurut Rijanto, bahwa dia merasa kangen karena sudah lama tidak bertemu dan bersilaturahmi dengan warga di kampung paling utara di Kabupaten Blitar itu.

Terlebih pada lebaran tahun ini Pemkab Blitar tidak menggelar halal bihalal di pendopao karena pandemi covid-19

“Karena lama tidak ketemu, terus terang saya merasa kangen. Hari ini saya ke sini, biasanya kalau hari raya warga disini selalu ke rumah saya. Tidak hanya pada saat saya jadi Bupati, sebelum jadi Bupati setiap hari raya mereka selalu datang ke rumah saya,” jlentrehnya.

Pandemi covid-19 menyebabkan seluruh lapisan masyarakat terkena dampaknya. Tidak terkecuali warga di Kampunganyar, Kalibladak dan Kalikuning yang mayoritas bekerja sebagai buruh perkebunan.

Kedatangnya disambut penuh kegembiraan, bupati pun membalas rasa rindu warga dengan membawa oleh-oleh beras yang diberikan kepada warga setempat yang terkena dampak covid-19.

“Merespon kondisi mereka, beberapa kegiatan sudah kita lakukan. Diantaranya penyaluran bansos, baik itu dari pusat, pemda, provinsi maupun desa. Namun demikian nampaknya masih jauh dari cukup. Ini kebetulan kami ada bantuan-bantuan dari CSR yang kami himpun. Sebagian kami salurkan ke warga masyarakat  di sini. Bantuan ini untuk warga di sekitar perkebunan Nglegok,” jlentreh Rijanto.

Selanjutnya Rijanto menerangkan bahwa, beras yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian pemda kepada rakyatnya. Diharapkan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini.

“Ini bentuk kepedulian kami. Mereka ini sebagian besar merupakan buruh kebun. Yang karyawan sedikit, paling banyak adalah buruh kebun. Sehingga kehidupan mereka jauh dari kata cukup,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Nglegok, A’an Ernawanto, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rijanto yang memberikan bantuan beras kepada warga di sekitar perkebunan.

“Warga sini sudah tidak asing dengan Pak bupati karena dulu daerah sini merupakan wilayah binaan beliau saat menjabat sebagai Camat Nglegok,” kata A’an.

Beras yang disumbangkan nanti untuk mekanisme penyaluranya akan diatur oleh Pemerintah Desa. Dalam hal ini, dari Kecamatan Nglegok akan memberikan pendampingan agar beras yang disalurkan benar-benar tepat sasaran.

”Sudah menjadi tugas kami di wilayah untuk memberikan pendampingan. Bantuan beras ini tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang terkena dampak covid-19,” pungkas A’an. (Eko.B).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed