Proyek APBN oleh PT Multikon Jagad Perkasa, Terlihat Asal Jadi

oleh -25 views

Palembayan Agam, Infobanua.co.id – Proyek perbaikan Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan yang dikerjakan oleh PT Multikon Jagad Perkasa pada tahun 2019 lalu dengan kuncuran dana pusat ( APBN ) sekitar Rp 22 Miliar dan saat ini masih dalam pemeliharaan selama 1 Tahun.

Saat investigasi infobanua.co.id dilapangan terlihat di lokasi Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan pengerjaan diduga belum selesai dikerjalan dan asal-asalan oleh rekanan Kontraktor pelaksana dan tidak sesuai kondisi jalan berstatus Provinsi. Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan makin sempit di lewati lantaran bibir pinggir jalan dari aspal miris tidak adanya terlihat dan pemasanang Dam pingir jalan itu pun tidak ada akan mengakibatkan sangat berisiko sekali bagi kendaraan roda dua maupun empat saat melewati badan jalan provinsi tersebut yang belokasi di Nagari Baringgin Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam – Sumatera Barat.

Sempitnya ruas jalan ini karna tidak adanya pingir badan jalan kerap memicu kecelakaan nantiknya dan terlihat tipis/dekatnya bibir aspal/badan jalan dari pingir jurang. Para pengguna jalan terpaksa harus memperlambat laju kendaraanya saat melintas di lokasi tersebut.

Selain itu, pengerjaan proyek yang terlihat asal-jadi itu diperkirakan belum tuntas sempurna membuat kondisi badan jalan sangat berbahaya untuk dilalui oleh pengguna jalan, khususnya pengguna sepeda motor dan mobil apa lagi roda 6 (enam) seperti Truk saat berselisih kendaraan bisa nantiknya terjun ke dasar jurang di akibatkan tidak adanya Dam pembatas jalan dan jurang juga pingiran aspal badan jalan untuk di gunakan untuk menepi saat berselisih para kendaraan nantinya. Bahkan tidak sedikit pengguna jalan yang mengeluhkan kondisi jalan tersebut diakibat dari perbaikan kondisi jalan yang amburadur dan asal jadi ini dan tidak ada juga rambu-rambu peringatan di lokasi, juga terlihat pada malam hari pun tidak adanya lampu penerangan jalan.

Salah satu pengemudi kendaraan roda 4 (empat) Rony mengatakan, kalau jalan ini tidak dikasih bibir pingir jalan atau penahan badan jalan (dam) bisa-bisa kami akan terperosot ke dasar jurang yang berkedalaman sekitar 20 Meter kebawah tersebut. Ini sangat berisiko sekali untuk penguna jalan Provinsi Kecamatan Palembayan dan juga akses melintas terdekat Pasaman Barat ke Kota Bukitinggi dan Provinsi Riau.

“Apalagi saat kendaraan kami berselisih dengan kendaraan lain berlawanan arah, saya tidak dapat menghidari saat di lokasi tersebut di karnakan tidak adanya sisi badan pingir jurang. Terpaksalah berhenti mendadak dikarnakan lokasi jalan yang sempit itu tidak jauh juga dari belokan dan jembatan yang cukup sempit”.ungkapnya.

Saat di Komfirmasi pihak Kontraktor pelaksana PT Multikon Jagad Perkasa, General Superintendent Deni Fitriady melalui WhatSappnya belum ada jawaban, namun sudah di baca dan dicoba telepon selulernya juga tidak di angkat saat ditanyakan, Apakah pengerjaan perbaikan jalan Provinsi Kecamatan Palembayan itu dengan Dana pusat (APBN) sudah selesai degan kondisi seperti itu..??

Tidak sampai di situ awak Media Infobanua.co.id mencoba komfirmasi Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan PU Sumbar, Dedi Rinaldi mengatakan kewenangan pengerjaan atau perbaikan jalan itu saat ini masih dalam pemeliharaan.

“PU Sumbar sudah mengetahui kondisinya, Jadi kewenangan dan program pemeliharaan sekarang ada di Kontraktor Pelaksana dan tangung jawab PPK,” kata Dedi.

Saat di komfirmasi juga Satker PJN 1 Sumbar PPK 1.1 Reni Marlisa, ST, MT., Mengatakan saya baru diganti dan pelaksananya waktu itu bukan saya karna itu saya tidak bisa jawab karna saya baru bulan maret kemaren di Satker PJN 1 Sumbar PPK 1.1 Kontraknya bukan sama Reni, Sebaiknya ditanyakan saja lansung ke bagian Kontraktor pelaksana PT Multikon Jagad Perkasa, General Superintendent Deni Fitriady. Terangnya.

Sementara itu, Ormas Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) Ketua Umum Rusman Hakim dalam sosial kontrolnya melalui Randi Pangeran,juga memantau dan menyorot keras hasil pekerjaan asal-jadi ini dari kontraktor pelaksana PT. Multikon Jagad Perkasa dari PPK Balai Pekerjaan Jalan Nasional (BPJN) l Sumbar ini perlu pengawasan sejak awal.

Radi Pangeran mengatakan asal jadi pengerjaan itu masak sisi jurang tebing pingir jalan Provinsi Kecamatan Palembayan itu di poles sama pasir dan semen aja dan di bawah nya dikasih penyangga bambu untuk menahan badan jalan dan sisi tebing jurang tersebut.

“kita sengaja kawal ini sejak awal dalam sosial kontrol kita untuk kepentinggan orang banyak ini. Kita sangat berharap sekali Satker BPJN l Sumbar (PPK) harus bertangung jawab dalam masa pemeliharaan ini dan juga Konsultan pengawas, rekanan, dan pihak PPK harus menjelaskan ini kepada Kontraktor Pelaksana PT Multikon Jagad Perkasa, General Superintendent Deni Fitriady” tegas Randi Wakil Ketua GPPKP kepada Infobanua.co.id

**Kepala Biro Sumbar

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.