oleh

DPRD Kab.Blitar, Meninjau Desa Sumber, Karena Bansos Tidak Tepat Sadaran

Blitar, Infobanua.co.id – Karena banyak mendapatkan pengaduan dari masyarakat bahwa, ditenggarai Bantuan yang seharusnya dapat langsung dirasakan masyarakat ini, pembagiannya cenderung tidak tepat sasaran.

Beranjak dari hal tersebut, Komisi I DPRD Kabupaten Blitar melakukan peninjauan lapangan terkait Kampung Tangguh covid-19, di Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, pada Jum’at 12-06-2020.

Dalam peninjauan tersebut, ditemukan adanya bantuan kurang tepat sasaran. Lurah Desa Sumber, Suyudi Hariyanto, menyatakan bahwa, desanya mendapat bantuan dari kementerian Sosial, Kabupaten dan Dana desa. Dan sebanyak 20 porsen bantuan Kementrian Sosial tidak tepat sasaran, karena adanya duplikasi penerima bantuan.

“Ada sebanyak 20 porsen penerima bantuan dari Kemensos tidak tepat sasaran. Hal itu adanya kasus duplikasi bantuan mengakibatkan bansos kurang tepat sasaran. Sebanyak 379 Kepala Keluarga (KK) mendapat bantuan dari Kabupaten dan 156 KK dari dana desa,” Kata Suyudi Hariyanto.

Hal tersebut memancing pendapat dari Sekretaris Komisi I, Candra Purnama menyatakan bahwa, pemerintah daerah dan desa harus saling berkoordinasi untuk memperbaiki pengalokasian bantuan sosial untuk masyarakat.

“Semua tantangan dan kondisi di lapangan yang dihadapi, tentu pemerintah tidak akan tinggal diam. Dan saya harap pemerintah daerah dan desa saling berkoordinasi untuk memperbaiki penyaluran bantuan sosial yang telah disiapkan untuk masyarakat agar tepat sasaran. Saya berharap hal itu dapat dimaksimalkan, mengingat akibat covid-19 ini banyak warga yang terdampak perekonomiannya dan memerlukan uluran tangan dari pemerintah melalui kebijakan bansos yang tepat pada sasaran,” tegas sekretaris Komisi I, Chandra Purnama.

Selanjutnya Chandra, nenegaskan dengan begitu, pemerintah pusat dan daerah didorong untuk terus saling berkoordinasi. Agar data terkait masyarakat terdampak covid-19 tersebut dapat terus dibenahi supaya tepat sasaran. (Eko.B).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed