oleh

Andri Yakin Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Perkara DAK Disdik Dan Distan Karawang

Karawang, Infobanua.co.id – Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, yaitu di Dinas Pendidikan dan Pemuda Olah Raga (Disdikpora) Karawang dan Dinas Pertanian (Distan) terkait anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sebelumnya sudah di lakukan penyelidikan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, dan sudah naik tingkat menjadi penyidikan. Kejari Karawang beralasan masih menunggu perhitungan kerugian Negara dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menetapkan tersangka.

Pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan yang sebelumnya cukup intensif mengawal proses perkara ini, ketika di minta pendapatnya mengatakan. “Terkendalanya proses hukum kedua perkara DAK tersebut di karenakan adanya wabah pandemi Covid – 19 atau Virus Corona. Jika tidak adanya pandemi, mungkin prosesnya sudah sampai penetapan tersangka dan penahanan terhadap tersangka.”, Katanya.
Senin,15/06/2020

“Tapi walau begitu, setiap kali saya mengupdate perkembangannya kepada Kejari Karawang. Mereka tetap dan terus melakukan pemanggilan serta pemeriksaan terhadap pihak – pihak yang berkompeten dalam masalah ini. Ya walau pun resikonya lumayan cukup besar di tengah pandemi seperti sekarang ini.”, Jelas Andri.

“Tetapi persoalan pandemi bukan suatu alasan yang harus terus – terusan di jadikan alasan untuk terus meunda penetapan tersangka. Jika Polres Karawang saja bisa menetapkan serta menahan para tersangka perkara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtatarum Karawang di tengah – tengah pandemi, kenapa tidak untuk Kejari Karawang?”, Tegasnya.

“Sejak dari awal bergulirnya proses penyelidikan dua perkara DAK ini. Saya sudah support Kejari Karawang, agar Kejari Karawang, khususnya Seksi Pidana Khusus (Pidsus) memiliki produk dari penindakan berskala Dinas.”, Ujarnya.

“Saya sangat yakin dan percaya dengan kredibilitas serta integritas kawan – kawan pimpinan mau pun penyidik Kejari Karawang, mereka mampu menuntaskan kedua perkara yang sempat menjadi perhatian khusus masyarakat Karawang.”, Pinta Andri.

“Oleh karena itu, saya terus mensupport sekaligus meminta sesegera mungkin untuk menggelar serta mengexpose nama – nama tersangka dari kedua perkara DAK di dua Dinas yang ada di Karawang ini.”, Pungkasnya.

Iswanto.