oleh

Diskominfo HSU Ikuti Lomba Video Pendek Penerapan Now Normal

Amuntai, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti Lomba Inovasi Daerah yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Lomba dalam bentuk video pendek ini memuat tentang penerapan New Normal di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kominfo HSU H. Adi Lesmana, S. Sos, M. Si menjelaskan keikutsertaannya lomba video pendek ini membutuhkan berbagai persiapan tertentu. Selain itu pihaknya juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait serta membentuk tim yang melibatkan sejumlah pihak. Terutama sekali dari Bapelitbang, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan Disperindagkop-UKM HSU.

“Akhirnya pembuatan video pendek dapat diselesaikan dan langsung dikirim sebelum batas waktu yang ditentukan panitia yaitu tanggal 15 Juni 2020 hari ini (Kemaren, red),” kata Adi, Senin (15/6) kemaren.

Untuk itu, mantan Kabag Humas dan Prokol Setdakab HSU ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat. Menurutnya dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh anggota tim. Sehingga pembuatan video pendek dapat diselesaikan sesuai target.

“Alhamdulillah Bapak HSU juga mendukung penuh pembuatan video penerapan New Normal yang ada di daerah kita ini. Beliau banyak memberikan masukan, arahan dan bahkan kritikan dalam pembuatan,” terangnya.

Adi juga mengaku video yang diikutsertakannya telah mendapat nomor registrasi dari pihak penyelenggara. Ini menunjukan bahwa video tersebut sudah diterima dan selanjutnya akan dinilai oleh tim penilai.

Kemendagri mengadakan lomba inovasi atau pembaharuan daerah yang medorong gerakan nasional untuk menjalankan protokol kesehatan dari, oleh, dan untuk daerah. Kemudian membuat kehidupan masyarakat yang kembali produktif di bidang ekonomi bisnis dan kehidupan lainnya secara normal di tengah pandemi Covid-19.

Lomba tersebut diikuti 34 provinsi, 416 kabupaten, 98 kota dan 42 kabupaten tertinggal di seluruh Indonesia. Ini terdiri dari berbagai sektor, di antaranya inovasi penerapan New Normal di sektor pasar tradisional. Sektor inilah yang menjadi inspirasi oleh tim HSU untuk dijadikan tempat penerapan inovasi protokol kesehatan saat aktivitas pasar tersebut berlangsung. Kemudian didokumentasikan untuk dijadikan video pendek untuk mengikuti lomba tersebut.

“Dalam video yang hanya berdurasi 90 detik itu digambarkan bagaimana kehidupan masyarakat HSU di tengah pandemi, khususnya di bidang ekonomi yang terjadi di pasar kerajinan HSU,” tegasnya.

Untuk itu ia berharap dengan adanya video tersebut dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Supaya dijadikan pedoman atau acuan untuk tetap beraktivitas secara normal di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga perekonomian di Hulu Sungai Utara berjalan dengan normal di masa pandemi ini,” harapnya. Fai

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed