DPRD Kota Blitar, Sidak RTH

oleh -3 views

Blitar, Infobanua.co.id – DPRD Kota Blitar mengadakan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Pasar Burung Dimoro, jalan Batanghari, Kelurahan/Kecamatan Sukoreno, Kota Blitar, pada Senin 15-06 kemarin.

Untuk melihat langsung peralatan yang dimiliki serta pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Blitar dr.Syahrul Alim, jajaran wakil ketua dan segenap anggota Komisi II dan Komisi III. Di sana para wakil rakyat melihat sejumlah infrastruktur apakah sudah memenuhi visi dan misi yang diharapkan.

Ketua DPRD Kota Blitar, dr Syahrul Alim mengatakan bahwa, dari pemaparan dinas peternakan, kebutuhan daging masyarakat tergolong banyak. Namun pengusaha penjual daging yang menjagal kan sapinya di RPH Dimoro masih sebagian kecil.

“Ada sekitar 6 sampai 8 pengusaha sapi yang menyembelih sapinya di RPH. Kita ingin bagaimana caranya agar seluruh pengusaha menyembelih sapinya ke RPH milik pemerintah Kota Blitar ini,” kata Ketua DPRD Kota Blitar, dr Syahrul Alim.

Menurut Syahrul, proses penyembelihan di RPH Dimoro ini cukup modern. Dengan demikian hasil dari penyembelihan hewan di sini hasilnya bagus memenuhi standarisasi kesehatan dan halal.

Dari kelebihan ini maka sudah semestinya masyarakat untuk menyembelih kan hewan ternaknya di RPH.

“Kalau perlu kita siapkan regulasi agar para pengusaha menjagal kan hewan ternaknya di RPH,” jlentrehnya.

Selanjutnya dr.Syahrul berpesan agar pihak RPH terus melakukan inovasi. Seperti daging hewan yang dijagal dan dikuliti hasilnya bersih betul bahkan sampai bulu halus hewan hilang bersih. Karena penyembelihan di luar RPH kadang ada yang menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan bulu halus yang biasa ada di unggas.

“Jadi kami harap hewan seperti unggas bisa sudah bersih tanpa bulu setelah disembelih. Sehingga banyak yang tertarik menyembelih disini yang hasilnya akan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Blitar,” pungkasnya. (Eko.B)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.