oleh

Pemkot Blitar, Salurkan Beras Rastrada Tahap Pertama, Sebanyak 450 Ton, Untuk Warganya

Blitar, Infobanua.co.id – Dampak dari Corona Virus Disease-19 atau covid-19, Bantuan Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) mengalami keterlambatan. Meskipun sempat  mengalami sedikit keterlambatan, namun Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) tahap pertama mulai disalurkan oleh Pemkot Blitar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Senin 15-06 kemarin.

Jumlah Rastrada yang disalurkan pada tahap pertama sekitar 450 ton untuk 11.165 KPM. Penyaluran Rastrada dilakukan di masing-masing kantor Kelurahan di 3 Kecamatan dan ditargetkan tuntas hingga Kamis 18-06-2020 mendatang.

Pada hari pertama kemarin, penyaluran Rastrada dilakukan di 5 Kelurahan di Kecamatan Sananwetan yaitu, Kelurahan Rembang, Klampok, Plosokerep, Karangtengah dan Bendogerit. Sedangkan untuk hari ini di Kelurahan Gedog, Sananwetan, Kepanjenkidul, Kauman dan Kepanjenlor.

Penyaluran Rastrada dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Blitar Santoso kepada warga penerima manfaat.

“Rastrada ini adalah program rutin tiap tahun dari Pemkot Blitar untuk masyarakat. Sebagai bentuk kepedulian sosial pemerintah kota kepada masyarakat khususnya warga miskin. Sebagai upaya Pemkot Blitar membantu meringankan beban warga di tengah pandemi. Di daerah lain, bantuan seperti ini tidak ada dan sudah berjalan 3-4 tahun yang lalu”, kata Santoso, kepada awak media, Selasa 16-06-2020.

Menurut Santoso, rastrada yang dibagikan pada tahap pertama ini untuk empat bulan mulai Januari sampai April 2020. Pada tahap pertama ini KPM menerima sebanyak 40 kilogram.

“Rastrada tahap pertama untuk bulan Januari sampai April. Berarti warga menerima 40 kilogram beras sekaligus, ditambah lauk pauk,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Santoso mengatakan bahwa, bantuan dari pemerintah yang beragam jenisnya seperti BST, BPNT, Sembako covid-19 dan lainnnya, adalah bertujuan membantu semua masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Jika ada yang dobel dihentikan dulu, harus dipilih salah satu agar bisa diberikan kepada yang belum menerima,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Blitar, Santoso juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebentar lagi pada minggu ke 3 bulan Juni akan mulai diterapkan New Normal. Dibuka kembali usaha-usaha ekonomi masyarakat, dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan. Bahkan harus lebih disiplin lagi agar tidak terpapar covid-19.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Priyo Istanto mengatakan bahwa, jumlah Rastrada yang dibagikan pada tahap pertama ini sekitar 450 ton. Sedangkan jumlah penerimanya sebanyak 11.165 KPM. Masing-masing KPM menerima 40 kilogram.

“Kami targetkan penyaluran Rastrada berakhir pada Kamis ini. Penyaluran dilakukan di masing-masing kelurahan dengan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19”, pungkasnya. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed