oleh

Angka Pernikahan di KUA Kab.Blitar Mulai Naik

Blitar, Infobanua.co.id – Setelah beberapa bulan sejak pandemi Corona Virus Disease-19 atau covid-19, angka pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) turun.

Mulai awal Juni, angka pernikahan di KUA Kabupaten Blitar mulai merangkak naik.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Blitar, Subkhan mengatakan bahwa, berdasarkan laporan sementara dari sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Blitar di awal Juni angka pernikahan di Kabupaten Blitar mulai naik, setelah sebelumnya ada penurunan selama beberapa bulan karena kebijakan di tengah pandemi covid-19.

“Dalam sehari masing-masing KUA ada 2 sampai 4 orang yang melangsungkan pernikahan baik di KUA maupun memanggil penghulu di luar KUA,” kata Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Blitar, Subkhan, kepada awak media, Rabu 17-06-2020.

Menurut Subkhan, misalnya untuk KUA Kecamatan Ponggok, dalam sehari bisa ada 2 pasangan hingga lebih dari 4 pasangan yang menikah.

Menurut dia, warga yang menikah, sebagian merupakan warga yang menunda melaksanakan akad nikah karena pandemi virus covid-19.

“Angka pernikahan tertinggi terjadi di Kecamatan Ponggok, karena jumlah penduduk paling banyak, disusul dari Kecamatan Kademangan,” jlentrehnya.

Masih menurut dia, bahwa dalam sehari, masing-masing KUA membatasi pasangan yang menikah tidak melebihi dari 8 pasangan.

“Pernikahan di Kabupaten Blitar tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, di antaranya pengantin menggunakan masker, sarung tangan, dalam satu ruangan ijab qabul tidak melebihi 10 orang dan tetap jaga jarak,” pungkasnya. (Eko.B).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed