oleh

KPU Kota Blitar, Siapkan Data Pemutakhiran Pemilih Pilwali Blitar 2020

-Blitar-7 views

Blitar, Infobanua.co.id – Semenjak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan akan memulai kembali masa tahapan Pilkada Serentak 2020 ditengah pandemi virus covid-19 ini.

Maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, telah menyiapkan beberapa model pemutakhiran data pemilihan Pilwali Blitar 2020 di tengah pandemi virus covid-19 ini.

“Ada 2 model atau skema yang akan dilakukan KPU Kota Blitar, untuk mensukseskan pilwali 2020, di antaranya secara offline dan online,” kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam, kepada awak media, Rabu 17-06-2020

Menurutnya, secara offline atau door to door, petugas langsung terjun ke lapangan dan mendata para pemilih. Sedangkan secara online, pemilih mengisi form isian melalui aplikasi yang sudah disediakan KPU Kota Blitar.

Selanjutnya Umam menjelaskan bahwa, masing-masing model ini memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti cara offline atau pendataan langsung memang tingkat capaian pemutakhiran data pemilih besar. Selain itu, resiko kesehatan juga besar sebab di tengah pandemi virus covid-19.

Sementara sistem online lanjutnya, tingkat capaian pemutakhiran kecil karena petugas tidak bertemu langsung dengan pemilih dan tidak semua pemilih melek teknologi. Namun dengan sistem online di tengah pandemi virus covid-19 ini sebenarnya efektif bagi kesehatan terutama resiko penularan virus.

“Dengan begitu, KPU Kota Blitar tidak khawatir dengan model apa yang nanti akan diterapkan saat PKPU yang baru keluar, tahapan Pilwali Blitar 2020 mulai kembali dilakukan 15 Juni 2020,” pungkasnya. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed