oleh

Disdikbud Kukar Tidak Ingin Ambil Risiko Terapkan Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19

-KALTIM-7 views

TENGGARONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) Provinsi Kalimantan Timur, tidak ingin buru-buru menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Bahkan, pada hari pertama tahun ajaran 2020/2021, 13 Juli 2020 mendatang besar kemungkinan siswa siswi di Kabupaten Kukar akan tetap menerapkan pembelajaran dari rumah secara daring maupun manual.

“Pada penerapan pembelajaran tatap muka langsung di sekolah, kira-kira kami akan laksanakan pada awal tahun depan. Biar saja daerah lain duluan, kita pantau dulu perkembangannya, karena kita tidak ingin ambil resiko,” ucap Kepala Satgas Percepatan Penanganan covid-19 Disdikbud Kabupaten Kukar, Tulus Sutopo, Kamis (18/6/2020).

Lanjut dirinya menjelaskan, sesuai hasil rapat bersama antara sejumlah Kementerian, dihasilkan kesepakatan bersama bahawa konsep pendidikan saat pandemi covid-19 atau Corona yakni dengan mengutamakan keselamatan siswa, tenaga pengajar dan orangtua siswa.

Bahkan, penerapan pembelajaran tatap muka langsung di sekolah juga tergantung dari kesepakatan orangtua siswa.

Jika orangtua siswa masih khawatir dengan keselamatan anaknya jika kembali ke sekolah, maka pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan, walaupun daerah tersebut masuk kategori zona hijau.

Tatap muka langsung atau tidak, ini tergantung kebijakan masing-masing daera.

“Tapi, walaupun daerah tersebut zona hijau, kalau orangtua siswa tidak sepakat untuk dilakukan pembelajaran tatap muka langsung, maka pembelajaran tetap dilakukan jarak jauh,” jelasnya.

Tulus menilai, pembelajaran tatap muka langsung di sekolah sangat riskan dilakukan di tengah pandemi covid-19 masih mewabah, terlebih bagi siswa SD (Sekolah Dasar).

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed