oleh

Komando Distrik Militer (Kodim) 1010/Rantau menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan sebagai Langkah pencegahan penyebaran Covid-19

Rantau – Kegiatan yang melibatkan beberapa unsur seperti Polres Tapin, Dinkes Tapin, Satpol PP, Dishub Tapin serta BPBD Tapin ini dilangsungkan di Aula Parikesit Makodim 1010/Rantau, Jl. Brigjend H. Hasan Basri Kel. Bitahan, Lokpaikat, Tapin. Rabu, (17/6/2020) pagi.

Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Rio Neswan menjelaskan, kegiatan simulasi merupakan tindak lanjut dari Pimpinan Bapak Presiden RI, memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk melaksanakan pendisiplinan masyarakat guna mencegah penyebaran covid 19.

Ia menambahkan bahwa simulasi TFG ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara teknis tentang pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan.

“Kami juga berharap semua unsur elemen terkait dalam tugasnya dapat terlaksana dan tepat sasaran dengan hasil yang bagus. Ini tentunya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Tapin,” harap Letkol Rio.

Simulasi TFG difokuskan pada tempat-tempat yang menjadi sasaran penegakan disiplin, seperti pasar, tempat ibadah, rumah makan dan tempat yang menjadi pusat berkumpulnya orang banyak.

Menurutnya selama hampir tiga bulan ini dilanda covid 19, masih ada sekian persen belum sadar masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan covid 19.

Begitu pula sari data tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid Tapin yang terkonfirmasi positif covid 19 terus naik mencantumkan 81 positif covid 19.

Oleh karenanya dalam latihan ini pihaknya hanya mendorong dan mensinergikan dengan peraturan bupati yang menyatakan pembatasan kegiatan masyarakat agar kedepan warga tapin dapat disiplin menjalankan protokol kesehatan covid 19.

Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno, mengatakan kami mendukung kegiatan ini, dan siap untuk membantu dilapangan dalam menertibkan disiplin protokol kesehatan covid 19 pada warga masyarakat.“Kami dari kepolisian sangat mendukung dalam penanganan covid 19 di tapin dan tidak ada kata menyerah, “ujarnya.

“Tapi, Kami berpesan kepada petugas dilapangan, agar menyatukan presepsi atau pemahaman, bahwasannya yang kita hadapi saudara kita juga, bukan orang lain, termasuk diri kita sendiri bisa menjaga dari wabah covid 19.”terangnya

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapin Said Abdul Nasir berharap agar warga masyarakat lebih disiplin lagi dengan adanya latihan bersama Tactical Floor Game (TFG) karena ini semua untuk mengurangi penyebaran covid 19 di kab Tapin.

“Kepada para peserta agar benar-benar memahami latihan ini supaya latihan ini sukses yang akan berdampak pada kegiatan dilapangan dalam penegakan disiplin masyarakat,“katanya.

Nasrullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed