oleh

Kota Blitar Bentuk Pasar Tangguh

Blitar, Infobanua.co.id – Jajaran Polres Blitar Kota, menyiapkan pasar tangguh di di wilayah hukumnya, untuk menyambut new normal yang sebentar lagi diberlakukan oleh Pemerintah.

Sebanyak 250 buah face shield dan sarung tangan dibagikan kepada para pedagang di Pasar Pon, jalan Kartini, Kota Blitar.

Pembagian 250 buah face shield dan sarung tangan itu merupakan pembagian tahap awal. Targetnya, semua pedagang di tiga pasar besar Kota Blitar, wajib memakai face shield dan sarung tangan ketika melayani para pembeli. Rencana yang akan disasar adalah para pedagang di Pasar Templek, jalan Anggrek, Pasr Legi, jalan Mawar dan Pasar Pon, hari ini.

Kapolresta Blitar, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan bahwa, persiapan pembentukan pasar tangguh merupakan implementasi penguatan 9 kampung tangguh di wilayah hukum Polresta Blitar.

“Kita sudah membentuk 9 kampung tangguh. Persiapan pasar tangguh ini untuk memaksimalkan fungsi dan perannya dalam menekan penyebaran virus-19,” kata Leonard kepada awak media, Kamis 18-06-2020.

Menurut dia, fungsi dan peran kampung tangguh, di antaranya mengedukasi, mengawasi dan menangani dampak pandemi covid-19 di masyarakat. Baik itu di sektor sosial, ekonomi maupun keamanan warga.

“Persiapan pasar tangguh ini juga pengembangan kampung tangguh yang telah kita lakukan di pondok pesantren dan industri rokok beberapa hari yang lalu. Dengan tujuan, untuk mengajak peran serta warga untuk disiplin secara gotong royong menghadapi new normal,” jlentreh Leonard.

Selanjutnya Leonard menjelaskan, protokol kesehatan harus dikuatkan dan didisiplinkan di ruang-ruang umum. Dalam hal ini, harus melibatkan peran serta warga untuk saling mengingatkan satu sama lain. Karena disiplin diri dalam protokoler covid-19 berarti menyelamatkan potensi penularan bagi lainnya.

“Semoga kita bisa pertahankan Kota Blitar di zona kuning. Syukur kalau bisa turun menjadi zona hijau. Semua yang masuk pasar wajib pakai masker, pedagang pakai face shield. Disiplin terapkan protokoler kesehatan. Hanya itu kuncinya dipasar tangguh dalam pandemi covid-19,” pungkasnya. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed