oleh

Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar, Akan Dijadikan Pasar Induk

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Blitar, akan segera merenovasi pasar hewan Dimoro, jalan Batanghari, Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, dijadikan pusat perdagangan terpadu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Blitar, Mukhammad Sidik mengatakan bahwa, rencana itu muncul karena pasar Dimoro terletak tidak jauh dari pasar loak atau pasar barang bekas.

“Nanti bisa menjadi pusat perdagangan yang saling terhubung. Konsep besarnya yakni menjadi sentra perdagangan,” kata Mokhamad Sidik, kepada awak media, Kamis 18-06-2020.

Menurut Sidik, saat ini pemkot sudah menyiapkan sarana dan prasarana. Di antaranya jalan tembus yang menghubungkan pasar hewan Dimoro, dengan kawasan Pasar Legi yang terletak di sebelah tenggara Pasar Dimoro.

“Tidak jauh dari Pasar Dimoro juga sudah dibangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Pasar Burung. Dengan harapan agar pertumbuhan ekonomi bisa meningkat,” jlentrehnya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto, mengatakan bahwa, kawasan pusat perdagangan terpadu di Pasar Dimoro harus segera dikembangkan.

Apabila nanti antara pusat perdagangan satu dengan yang lain bisa terhubung, maka perekonomian bisa meningkat.

“Harapannya seperti itu. Bisa lebih ramai. Tidak seperti sekarang lalu lintas perekonomian di Pasar Legi dan Pasar Hewan kurang terpadu. Pasar Legi ramai tapi pasar hewan malah sepi,” terang Totok.

Perkiraan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk merenovasi pasar Dimoro, mencapai Rp 39,5 miliar. DPRD dan Pemkot Blitar sudah menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk pengembangan pusat perdagangan di Pasar Dimoro tersebut.

“Rincian anggaran itu diperuntukkan untuk revitalisasi pasar hewan Dimoro sekitar Rp 35 miliar yang berasal dari pusat,” pungkasnya. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed