oleh

Pemkab Kukar Maksimalkan Pelaksanaan New Normal Life

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memaksimalkan persiapan pelaksanaan new normal life atau tatanan hidup baru yang lebih produktif dan aman COVID-19.

Sebagai persiapan Pemkab Kukar bersama Kodim 0906 Tenggarong serta Polres Kutai Kartanegara menggelar apel gabungan kesiapan penegakan dsiplin masyarakat dan uji coba kesiapan pasukan dalam penegakan disiplin kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dalam menjalani new normal life, di Gedung Kodim 0906 Tenggarong, Kamis (4/6).

Pada uji coba kali ini Kecamatan Tenggarong menjadi role model pelaksanaan New Normal Life di Kababupaten Kutai Kartanegara dan pasar Mangkurawang menjadi percontohan penegakan disiplin bagi masyarakat terkait COVID-19.

“Masyarakat  Kutai Kartanegara memiliki respon yang tinggi terhadap pandemi COVID-19 dengan kesadaran yang tinggi ingin melindungi diri, keluarga dan lingkungan,” yakin Bupati Edi Damansyah.

Lebih lanjut, pemerintah daerah saat ini tengah menyiapkan rencana relaksasi dalam menghadapi tatanan normal baru.

Setelah tanggap darurat selesai maka ada masa pemulihan untuk menuju tatanan normal baru yang lebih produktif dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan, diantaranya tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Menurut perkembangan yang terjadi saat ini dengan melakukan pertimbangan banyak hal yang terkait pandemi COVID-19, tujuannya agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk terutama pada sektor ekonomi dan sosial dengan tetap menerapkan disiplin yang ketat terhadap protokol kesehatan.

Bupati meminta dalam upaya pelaksanaan tatanan normal baru ini harus melibatkan  seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan sehingga tercipta koordinasi yang baik antar semua element.

“Perlu dilakukan monitoring dan pengawasan dalam pelaksanaan dan penegakan disiplin pada masyarakat terutama pada prinsip-prinsip menjaga jarak fisik (Physical Distancing)  dan protokol kesehatan  lainya” ungkap Edi.

Bupati berharap nantinya relawan di kecamatan maupun desa dan lembaga adat dapat dilibatkan dalam mengedukasi masyarakat untuk memulai tatanan normal baru (New Normal Life).

Bupati Kukar Edi Darmansyah dalam arahannya mengucapkan terimakasih kepada  Dandim 0906 Tenggarong, Kapolres Kukar  beserta jajarannya di seluruh Kecamatan yang sejak awal telah berkomitmen dan terlibat aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan  COVID-19.

“Semoga  dengan tatanan  normal baru dapat memberikan hal positif  khususnya di Kukar maupun indonesia,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam apel gabungan Dandim  0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling, Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho bersama pasukan TNI,  Polri, Satpol PP serta Dihub Kukar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed