oleh

Tiga Pilar Tulungagung Launching Pasar Tangguh Semeru, Jadikan Pasar Sehat Aman Tertib dan Rukun

Tulungagung, Infobanua.co.id – Dalam rangka menyongsong new normal, atau kehidupan normal pola baru perlu adanya kesadaran seluruh masyarakat, untuk sadar dan disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19

Seperti yang dilakukan di Pasar Ngemplak,Tulungagung, Kamis (19/6/2020) dilakukan Launching Pasar Tangguh Semeru yang dihadiri Tiga pilar Kabupaten Tulungagung diantaranya Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, Dandim 0807/Tulungagung yang diwakili Kasdim, Mayor Inf. Muji Wahono, Pejabat utama Polres (PJU)Tulungagung, Kapolsek Kota Kompol Rudi Poerwanto, Camat Tulungagung Iswahyudi, Danramil Tulungagung Kapten Inf Sugeng Supriadi, serta para kepala OPD lingkup pemkab Tulungagung.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan, Pasar Tangguh adalah Pasar yang sudah terbentuk dengan memiliki kesiapsiagaan dan kemandirian menghadapi bencana alam maupun non alam, termasuk yang saat ini terjadi yaitu pandemi Covid-19.

Pasar merupakan tempat publik yang diperuntukkan transaksi jual beli kebutuhan pokok maupun non pokok serta merupakan roda perputaran ekonomi masyarakat.

Dengan akan diberlakukannya masa new normal sekarang ini, ditengah berlangsungnya Pandemi Covid-19, maka seluruh sektor dalam kehidupan harus kembali dioptimalkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain sektor pendidikan, pariwisata, pertanian dan pangan, bidang ekonomi di pasar, sudah mulai saatnya untuk difungsikan kembali seperti sebelum berlaku masa darurat Covid-19. Hal itu diperlukan, agar masyarakat bisa lebih leluasa dalam melaksanakan transaksi jual beli dan menjalankan roda perekonomian

Kita bersama-sama menata kehidupan baru kedepan menghadapi situasi yang baik dimana Presiden dan Ibu Gubernur sudah menyampaikan bahwa kita harus siap menghadapi New Normal di segala bidang termasuk bidang ekonomi.

Kita tidak menginginkan kondisi pasar seperti saat ini, dimana masyarakat yg datang ke pasar seperti takut akibat masa darurat Covid-19 dan dikhawatirkan jika kondisi masih berlarut-larut bisa menimbulkan pengaruh negatif terhadap kegiatan roda perekonomian masyarakat

Virus Corona ini tidak akan hilang, maka siap tidak siap, mau tidak mau, harus menyiapkan beberapa alternatif protokol kesehatan, sehingga aktivitas ekonomi dan aktivitas sosial khususnya roda perekonomian harus tetap berjalan.

Forkopimda telah melaunching Desa Tangguh, yaitu Desa-desa untuk pencegahan Covid-19 dan hari ini sebagai Embrio ada Pasar Tangguh Semeru untuk bagaimana proses berjalannya roda perekonomian terutama di pasar tetap berjalan, namun tetap mengedepankan pencegahan terhadap Covid-19. Pasar Ngemplak kita jadikan sebagai role model pencegahan Covid-19 berbasis pasar.

Pasar Tangguh yang dilaunching diharapkan menjadi kuat dalam menghadapi Covid-19 ini dan harus siap dalam menghadapi New Normal serta bertekad untuk menjaga kebersihan, menjaga jarak aman, kemudian memakai masker bersama-sama.

Pembelajaran tetap berjalan tetapi dengan melakukan Social Distancing dan mempertahankan kesehatan, jaga jarak, memakai masker, rajin cuci tangan.

Berdirinya Pasar Tangguh ini merupakan langkah yang maju di masa new normal, sebab upaya untuk membangun kembali kekuatan pangan ekonomi, sosial, dan budaya menjadi lebih baik.

Launching Pasar Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib Dan Rukun) di Kelurahan Botoran , Kecamatan Tulungagung,Kabupaten Tulungagung merupakan bentuk pengembangan pelaksanaan perintah Kapolda Jatim setelah Kampung Tangguh Semeru dalam membina dan menumbuhkan kesadaran Penjual serta pembeli di Lingkungan pasar dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya.

Sebuah komunitas masyarakat dalam suatu area yang secara serentak dan sukarela menjalankan protokol kesehatan guna menjaga kesehatan masyarakat diwilayahnya.

Dari pelaksanan kegiatan ini diharapkan setiap warga masyarakat mampu menjaga kesehatan dirinya serta menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan orang lain dalam Lingkungan Pasar Ngemplak tersebut dari potensi penularan Covid-19.

Kedepan Pemerintah akan menerapkan New Normal yaitu skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi dengan tetap mengedepankan disiplin diri serta mematuhi protokol kesehatan.

Memutus atau mengurangi atau meredam mata rantai penyebaran Covid-19 di teritori tertentu dalam batas waktu yang ditentukan, Menumbuhkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat bersama agar lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19, membangun solidaritas masyarakat dimasa pandemi Covid-19, Membangun kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam rangka meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19 serta Mensosialisasikan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 menghadapi New Normal

Yang terpenting dalam menghadapi masa pandemi Covid- 19 dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini adalah masyarakat harus lebih disiplin diri maupun lingkungan karena disiplin itu merupakan vaksin dari Covid-19 terutama dengan menjalankan protokol kesehatan serta masyarakat diharapkan mulai terlatih, mulai tereduksi untuk hidup tertib dan bersih

penulis : Sarno

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed