oleh

Dampak Pandemi Corono, Pelecehan Seksual di Kab.Blitar Meningkat

Blitar, Infobanua.co.id – Ditenggarai kasus pelecehan seksual terhadap anak di Kabupaten Blitar selama pandemi Corona Virus Disease atau covid-19 meningkat.

Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Blitar, IPDA Linar Tiwi mengatakan bahwa, Polres Blitar mencatat selama pandemi Corona Virus Disease atau covid-19, laporan kasus pelecehan seksual terhadap anak meningkat, dibanding bulan sebelumnya.

“Dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2020, kemarin, kami menerima 6 laporan adanya tindak pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur, Padahal sebelumnya, kami terkadang hanya menerima 1 sampai 2 kasus pelecehan seksual di setiap bulannya,” kata Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Blitar, IPDA Linar Tiwi, kepada awak media, Jum’at 19-06-2020.

Menurut Linar, dari laporan yang masuk, korban rata-rata anak di bawah umur dan ada laporan yang berupa laporan resmi maupun lisan yang masuk di Unit PPA Satreskrim Polres Blitar terkait kasus pelecehan seksual.

“Dari hasil analisa Unit PPA Satreskrim Polres Blitar, pelaku yang dilaporan rata-rata merupakan orang terdekat korban. Sementara anak-anak sebagai korban takut atas ancaman pelaku sehingga tidak pernah menceritakan apa yang mereka alami, sehingga kejadian pencabulan terjadi sampai berulang,” jlentreh Linar.

Lebih lanjut Linar menerangkan bahwa, untuk menekan angka tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat dan tokoh agama setempat untuk memberikan sosialisasi terkait dampak buruk dari perilaku seks menyimpang.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk memberikan pendampingan bagi korban pelecehan agar tidak trauma berkepanjangan (eko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed