oleh

Para Siswa di Kota Blitar, Kesulitan Mengakses Laman PPDB

Blitar, Infobanua.co.id – Beberpa siswa-siswi di Blitar Raya, yang dinyatakan lulus dari SMP, mengaku mengalami kesulitan dalam mengakses laman Peneriamaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK secara online.

Salah satu siswi SMPN 3, Jihan warga Desa Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, yang lulus tahun ini, mengaku pada PPDB ini dirinya merasa kesulitan untuk mengakses laman pendaftaran siswa baru melalui online yang disiapkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Blitar dan lembaga sekolah yang dituju.

“Pada hari pertama dibukanya pendafataran siswa baru, website sekolah yang dituju tidak bisa dibuka atau diakses. Saya perkirakan karena banyak yang mendaftar pada jam yang bersamaan, sehingga laman tidak bisa dibuka,” kata Jihan, kepada awak media, Jum’at 19-06-2020.

Menurut Jihan, selain itu juga mengaku kesulitan untuk menentukan titik koordinat tempat tinggalnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Blitar, Rudy Hartono, SPd. MPd. mengatakan bahwa, masih ada calon peserta didik yang salah saat melakukan pengisian data diri pada PPDB kali ini.

“Meski tidak banyak, namun masih ada temuan kesalahan dalam mengisi data diri ataupun mengirim berkas pelengkap yang berpengaruh dalam proses verifikasi data,” terang Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Blitar, Rudy.

Lebih lanjut Rudy menerangkan bahwa, meski masih ada calon peserta didik yang salah saat memasukan data, tapi sekolahnya tidak membuka crisis center pada PPDB tahun ini.

“Seluruh aduan ataupun pertukaran informasi dengan calon siswa atau wali murid dilakukan melalui telpon ataupun WhatsApp karena kondisi pandemi Corona Virus Disease-19 atau covid-19, yang tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan dengan banyak orang,” jlentrehnya.

Untuk diketahui bahwa, proses pendaftaran PPDB dengan tahap pertama dilakukan selama 2 hari, mulai tanggal 15 sampai tanggal 16 Juni 2020.

Selanjutnya, proses verifikasi dilakukan pada tanggal 16 sampai tanggal 18 Juni 2020 atau sekitar 3 hari.

Kemudian pengumuman penerimaan melalui 3 jalur akan diumumkan pada 19 Juni 2020. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed