oleh

Haul Bung Karno ke 50, di Kota Blitar, Meski Tanpa Seribu Tumpeng, Tetap Khidmat

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, menggelar peringatan Haul Bung Karno ke- 50 tahun, di komplek Makam Bung Karno (MBK), jalan Ir.Soekarno 152, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu 20-06-2020, hari ini.

Walikota Blitar Santoso, mengajak agar seluruh masyarakat untuk bisa meneladani semangat perjuangan kebangsaan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno yang populair dipanggil Bung Karno (BK), dalam menjalani keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Intinya kita mendoakan arwah Bung Karno, sehingga spirit dan semangat perjuangan Bung Karno ini yang harus kita teladani khususnya kepada generasi penerus, khususnya kepada seluruh masyarakat kota Blitar yang kita cintai ini,” kata Walikota Santoso, kepada awak media seusai acara.

Menurut Santoso bahwa, sudah menjadi keniscayaan seluruh elemen masyarakat di dunia, memberikan atensi dan penghormatan yang besar kepada pemikiran-pemikiran sekaligus gagasan dan tindakan yang dilakukan Bung Karno kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Sumbangsih, pemikiran dan tindakan Bung Karno itu, sudah ada di dalam nilai-nilai Pancasila, dimana sila-sila Pancasila itu digali dan dipersembahkan Bung Karno, untuk Tanah Air dan Bangsa Indonesia.

“Karena Bung Karno tidak hanya jadi ikon Indonesia, bangsa luar negeri-pun juga sangat menghormati perjuangan yang diberikan Bung Karno. Oleh sebab itu, mari semangat nasionalisme yang diajarkan Bung Karno, semangat kegotong royongan disaat berbarengan pandemi virus covid-19 ini, pemikiran Bung Karno ini selalu relevan dengan keadaan. Melalui kebersamaan gotong royong, kita pasti mampu melalui pandemi virus covid-19,” jlentreh Santoso.

Selanjutnya Santoso berharap, dengan melalui momentum peringatan Bulan Bung Karno yang terisyaratkan pada hari lahir Pancasila pada 01 Juni, 06 Juni sebagai hari lahir Bung Karno, sampai 21 Juni wafatnya Bung Karno.

Sinergitas TNI-Polri, dan Pemkot Blitar serta DPRD Kota Blitar, mampu memberikan yang terbaik untuk pembangunan daerah dan masyarakat kota Blitar.

Tampak hadir dalam peringatan Haul Bung Karno, kali ini, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, Ketua DPRD Kota Blitar dr.Syahrul Alim, Kepala OPD terkait, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan.

Para Undangan juga tidak meninggalkan protokol kesehatan, dan dihadiri tidak lebih dari 40 orang.

Rangkaian kegiatan Haul BK, dimulai sejak pagi pukul 05.00 – 09.00 WIB Semaan Al Qor’an, pukul 09 – 12 WIB Do’a lintas Agama, pukul 12.00 – 13.00 WIB Managip dan Tabaroq, pukul 13.00 – 14.30 WIB Kenduri Haul BK, dilanjutkan pukul 16.00 – 17.30 WIB Pengajian Yasin Tahil di Istana Gebang.

Dan akan dilanjutkan besuk Minggu, 21-06-2020 pukul 08 – 09 WIB Upacara Ziarah di Makam Bung Karno. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed