oleh

Tiga Ruas Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan, Sampai Sekarang Belum Ada Perbaikan Yang Rusak Dimasa Pemeliharaan

Palembayan Agam, Infobanua.co.id – Belum setahun dibangun perbaikan akses jalan Provinsi Kecamatan Palembayan penghubung antara Kota Bukittinggi dengan Kecamatan Palembayan menuju Kabupaten Pasaman Barat (Akses terdekat) terihat cukup banyak yang ditemukan pengerjaan asal jadi. Jalan tersebut sangat dibutuhkan warga, selain untuk memermudah transportasi, juga menjadi jalur perekonomian antar Kabupaten atau Kota di Sumatera Barat.

Pantauan awak media di jalan penghubung oleh masyarakat sekitar disebut dengan jalan Provinsi Kecamatan Palembayan, Minggu 21 Juni 2020, beberapa timbunan lonsor tebing jalan di biarkan dan juga tampak terlihat hampir di sepanjang jalan kerusakan amblasnya pingiran bibir jalan dan juga saluran air pingir jalan tidak terurus bagaimana aliran air tidak lancar yang mengakibatkan air di pingiran badan jalan itu naik ke badan jalan yang baru di perbaikan dengan kuncuran dana pusat (APBN) tersebut. Secara umum kondisi badan jalan masih cukup bagus karena belum ada setahun, akan tetapi banyak yang kurang memuaskan pengerjaan dari pihak terkait.

Salah satu Masyarakat setempat Eem (47) tahun Beberapa ruas terdapat lonsoran tebing badan jalan dan tebing atas jalan menimbun saluran air maupun badan jalan Provinsi Kecamatan Palembayan juga di temukan bibir pingir badan jalan yang lonsor/amblas.

“Pada siang hari situasi akses jalan tersbeut masih cukup ramai di lewati, terlebih sebagian ruas jalan lokasinya ini akses terdekat antar Kabupaten. Selain itu kondisi jalan Provinsi Kecamatan Palembayan juga belum dilengkapi dengan marka jalan maupun lampu jalan”. Ungkapnya.

Ruas Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan terbagi tiga akses yang bisa di lalui oleh masyarakat sekitar. Salah satunya akses jalan Palembayan ke simpang patai Kecamatan Palupuh dan bisa juga tembus ke Kabupaten Pasaman menuju Provinsi Sumatera Utara. Matur – Palembayan yang menuju ke Kabupaten Pasaman Barat.

Ormas Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) Rusman Hakim melalui anggotanya Riko menyebutkan,pada tahun 2019 lalu sudah di lakukan perbaikan oleh Kontraktor Pelaksana dengan kuncuran anggaran APBN pada tiga ruas jalan tersebut, Namun saat ini terlihat selesainya pengerjaan Serah Terima Sementara Pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO) dari pihak terkait ini. Dimasa pengerjaan pemeliharaan tidak terlihat di lakukan pemeliharaan di karnakan sebagian jalan Provinsi Kecamatan Palembayan itu tidak tersentuh perbaikan kembali (diabaikan) di masa pemeliharan satu tahun ini.

“Sebelum nya dari Media dalam sosial kontrol untuk kepentinggan orang banyak ini sudah mengabarkan ke pihak terkait, namun kabar tersebut sampai saat berita ini di turun kan belum ada tindak lanjut terialisasi perbaikan. Baik itu jalan yang amblas maupun adanya saluran air yang rusak”. Terang Riko.

Masyarakat sangat berharap ke pada Pemerintahan Provinsi (Pihak terkait) untuk melakukan perbaikan-perbaikan jalan Provinsi Kecamatan Palembayan ini. Seperti rusaknya saluran air dan tidak lancarnya air mengalir mengakibatkan air melintasi badan jalan, bisa memasang rambu-rambu dan juga memberi pagar pembatas jalan dari jurang, juga semak pingir jalan yang sudah menutupi pingir jalan. Itu dana perambahan semak pingir jalan juga ada, Semoga bisa di realisasikan dengan baik untuk kepentinggan orang banyak ini.

*Hakim

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed