oleh

Heroik, Seorang Kades di Blitar Tolong Ibu Persalinan di Pinggir Jalan

Blitar, infobanua.co.id – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Blitar, harus berbangga mempunyai seorang Kepala Desa (Kades), meski tidak ahli dalam segi kebidanan, namun dengan tidak merasa canggung dapat menolong warga yang sangat membutuhkan.

Pasalnya, Kepala Desa (Kades) Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Chusana Kurori, meskipun tidak memiliki keahlian dalam bidang persalinan, namun bisa menolong membantu seorang wanita yang hendak melahirkan di jalan.

Chusana menceritakan bahwa, aksi heroik itu berawal pada Selasa 23 Juni 2020 sore, seorang wanita yang bernama Siti Aminah warga Desa Kendalrejo, Jecamatan Talun hendak ke rumah Bidan di Desa Kendalrejo untuk memeriksakan kandungannya.

Namun Bidan desa ternyata sedang ada tugas luar, sehingga wanita tersebut datang ke bidan yang ada di Desa Pasirharjo.

Namun saat itu, Bidan di Desa Pasirharjo juga sedang tugas luar dan dia melihat wanita tersebut sudah dalam kondisi kesakitan serta ketuban sudah pecah.

“Karena semua tidak berani menolong dan saat itu ketuban sudah pecah, serta kepala bayi sudah kelihatan, akhirnya saya memberanikan diri untuk menolong proses persalinan,” kata Kades Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Chusana Kurori, kepada awak media, Rabu 24-06-2020.

Menurutnya, sambil membantu proses persalinan, dia meminta istrinya untuk memanggil seorang tetangga yang kebetulan bekerja sebagai petugas medis. Bayi dengan jenis kelamin laki-laki akhirnya berhasil lahir dengan selamat.

“Pasca kejadian tersebut banyak warga yang menanyakan keberadaan ibu Bidan saat kondisi darurat. Kami jelaskan saat ditelpon Bidan Desa Pasirharjo sedang berada di Udanawu untuk mengantar anaknya,” ljentrehnya.

Kabar terkini, bahwa ibu dan bayi laki-lakinya telah mendapat pertolongan medis. Keduanya dalam kondisi sehat. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed