oleh

Puluhan masker dan sarung tangan serta Hand Sanitizer, Forum Komunitas (FKH) Rarawa HSU siapkan untuk pemilah dan pengumpul sampah di TPA Tebing Liring yang menjadi bentuk kepedulian untuk mereka.

Pemberian masker Rarawa, sarung tangan serta hand sanitizer tersebut dilakukan setelah kegiatan Aksi Hijau Bersih Lingkungan di TPA Tebing Liring.

Menurut Murtadha Muthahhari, Ketua FKH Rarawa HSU, pemberian masker Rarawa, sarung tangan serta hand sanitizer kepada para pemilah sampah dilakukan agar para pemilah sampah terhindar dari paparan covid-19.

Pria yang akrab disapa Hari itu mengatakan “Semoga dengan penyerahan masker Rarawa, sarung tangan serta hand sanitizer ini dapat menghindarkan para pengumpul sampah di TPA Tebing Liring ini dari paparan Covid-19 yang terbawa dari sampah yang datang dari seluruh Kabupaten HSU, karena akhir dari sampah tersebut ada di TPA Tebing Liring ini” Ucapnya disela penyerahan tersebut.(22/6/2020)

Sekedar untuk diketahui, FKH Rarawa HSU adalah mitra Pemerintah Daerah dalam mengupayakan penghijauan dan pelestarian lingkungan Kab. Hulu Sungai Utara yang dibina oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab. HSU.

Senada dengan Ketua FKH Rarawa, Kepala UPT TPA Tebing Liring, Ahmad Rusydani, S.Gz dalam sambutannya mengatakan bahwa para pengumpul sampah ini beresiko terpapar covid-19 karena setiap harinya melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah yang dibawa dari Amuntai ke TPA Tebing Liring, oleh karena itu, Pemberian masker, sarung tangan dan hand sanitizer sangat membantu dalam mengurangi penyebaran dan terpapar covid-19.

Prayoga Ridha Faizal, Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, Jurusan Magister Terapish Gigi dan Mulut yang ikut dalam kegiatan ini adalah orang yang membagikan Hand Sanitizer kepada para Pemilih Sampah tersebut. Yoga mengatakan bahwa hand sanitizer ini sangat dianjurkan dimiliki oleh masyarakat, karena hand sanitizer adalah salah satu starter pack yang harus dibawa saat kemanapun aktifitas diluar rumah ketika Kenormalan Baru berlaku di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hand sanitizer mampu mencegah penyebaran covid-19.

“Terima kasih untuk Kepala UPT TPA Tebing Liring, FKH Rarawa HSU dan Saudara Yoga atas bantuan dan kepeduliannya terhadap kami, kami harap apa yang dilakukan kalian, dapat menyentuh para masyarakat lain lebih peduli terhadap kami, dapat turut membantu kami dalam menghadapi covid-19” ucap salah satu perwakilan pemilah sampah.

Ahmad Rusydani, S.Gz selaku Kepala UPT TPA Tebing Liring berharap agar pandemi covid-19 dapat segera berakhir, dan masyarakat dapat menjalankan aktifitas diluar rumah dengan normal seperti sediakala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed