oleh

Dinkes Kota Blitar, Temukan 2 Orang Penyandang Sipilis

Blitar – Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar.

Dari bulan Januari 2020, sampai bulan Mei 2020 kemarin, dari 1.061 orang yang diperiksa, Dinkes Kota Blitar menemukan 2 orang yang harus menjalani pengobatan sipilis.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Blitar, Dissie Laksmonowati Arlini mengatakan bahwa, penyakit sipilis merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan bakteri Treponema Palladium.

“Dalam catatan Dinkes Kota Blitar, dari 1.061 orang yang diperiksa, hanya 2 orang yang ditemukan menderita sipilis, sehingga harus menjalani pengobatan,” kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Blitar, Dissie Laksmonowati Arlini, kepada awak media, Kamis 25-06-2020.

Menurut Dessie, bahwa pemeriksaan sipilis ini sebagian besar dilakukan pada ibu hamil, namun 2 orang kasus sipilis itu bukan dari kelompok ibu hamil, melainkan kelompok resiko lainnya seperti waria, pelaku Lelaki Seks Lelaki maupun partner seks lebih dari satu orang.

“Mayoritas usia yang rentan terjangkit sipilis sekitar umur 25 tahun hingga 49 tahun,” jlentrehnya.

Selanjutnya Dessie menambahkan bahwa, pemeriksaan sipilis ini dilakukan sesuai dengan Permenkes terkait Triple Elemination pada ibu hamil guna menekan angka penularan sipilis dari ibu ke bayi. (Eko.B)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed