oleh

Negara Malaysia Deportasi Ratusan Wni Tiba Dipelabuhan Tunon Taka Nunukan

Nunukan – Rabu 24/06/2020 Kombes Pol Hotma Victor Sihimbing Kepala BP3TKI/BP2MI kabupaten Nunukan Kalimantan utara memberikan keterangan Press Release dipelabuhan Tunontaka nunukan.

Menurut Kombes Pol Hotma Victor bahwa untuk hari ini hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 kita memulangkan sekitar 227 warga Negara Indonrsia (WNI) dan WNI tersebut adalah WNI yang terjebak mereka melancong masuk ke Malaysia tetapi waktu akan pulang pemerintah malaysia melakukan Lockdown sehingga pada hari ini baru mereka bisa dipulangkan dari Wilayah Sabah ke Indonesia melalui Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

Lanjud Victor Sihombing bahwa Selanjutnya kita juga mau pulang kan sekitar 94 TKI/PMI deportasi yang mereka semua dari WNI dan PM ini akan kita fasilitasi untuk kepulangannya dengan menggunakan kapal KM.Thalia menuju ke pare-pare Dulawesu Selatan setelah WNI tiba nanti dari Parepare menuju ke daerah masing-masing akan dibantu oleh pemerintah Kabupaten Kota dan BP3TKI Pare pare dan Makassar.

WNI yg dari Tawau Sabah malaysia akan tiba dipelabuhan tunontaka nunukan kalimantan utara

Untuk Pemulangan pada Warga Negara Indonesia (WNI) dan PMI saya Kombes Pol Hotma Victor Sihombing SIk Selaku Kepala BP3TKI/BP2MI kabupaten Nunukan diminta oleh pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan untuk sebagai koordinator.

Dan saya sebagai koordinator sehingga untuk pemulangan ini kami bersama para stakeholder melakukan pengulangan dengan menggunakan protokol kesehatan, Jadi mereka yang kita pulang kan ini dari Awalnya mereka harus menggunakan masker dengan hand sanitizer sampai dia di pelabuhan Tunon Taka.

Bagi Warga Negara Indonesia yang baru datang dari Tawau yang belum di Rapid segera kita lakukan Rapid Tes bagi yang sudah kita validasi surat keterangan dari Malaysianya bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan PCR Tes.

Selanjutnya Setelah itu mereka kita Arahkan ke pada kapal Thalia untuk bisa berangkat Rencananya jam 7 malam ini berangkat dari Nunukan ke pare-pare Sulawesi Selatan.

Untuk Hari ini sekitar 54 TKI deportasi nanti untuk gelombang berikutnya hari Jumat tanggal 26 juni 2020 itu ada sebanyak 117 Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) yang akan di pulangkan, Akan tapi yang khusus hari Jumat itu adalah mereka yang berasal dari wilayah Kalimantan baik dari Kalimantan utara maupun Kalimantan Timur.

Jadi Jalurnya mereka keluar dari kapal kemudian kita susun dan bariskan dengan physical distancing, Kemudian satu persatu mengisi formulir yang telah disediakan kemudian diambil darahnya untuk diperiksa setelah itu yang bersangkutan kita Arahkan ke lantai 2 Ruang Tunggu Pelabuhan Tunontaka Nunukan.

Dilantai 2 tersebut Ada petugas dari KM Thalia untuk menjual Teket dan Harga Rp.500.000/tiket dari Nunukan Tujuan Pare Pare Sulawesi Selatan.

Petugas KM Thalia yang akan memfasilitasi untuk pembelian tiket setiap pembelian tiket kita menunggu hasil rapid test nya Setelah hasilnya keluar yang bersangkutan dinyatakan non Reaktif maka yang bersangkutan kita akan langsung menuju ke KM Thalia untuk menunggu sampai dengan waktu keberangkatan jam 7 malam.

Sampai dengan saat ini pihak malaysia masih masih mengunci atau lock down wilayah tetapi mengingat di malaysia itu sudah over kapasitas untuk tahanan tahan mendeportasi warga kita kama dari pihak malaysia melakukan mendeportasi.

jadi sampai hari ini pemerintahan sabah malaysia masih lock down jadi belum ada transportasi lalu lintas laut belum dibuka beraktivitas seperti biasa. Ujar Kombes Pol Hotma Victor Sihombing SIK kepala BP3TKI/BP2MI kabupaten nunukan kalimantan utara.

Amsal Yusuf

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed