oleh

TMMD Reguler Banyumas Angkat Wisata Curug Nangga dan Curug Pengantin Pekuncen

JATENG (Banyumas), infobanua.co.id – Jajaran TNI Kodim 0701 Banyumas bersama masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sudah memulai pembangunan akses jalan menuju tempat wisata air terjun tingkat tujuh “Curug Nangga”, melalui Pra TMMD Reguler 108 Banyumas.

Tampak foto, Kepala Penerangan Kodim Banyumas Letda Armed Sukirno, Babinsa Petahunan Koramil 15 Pekuncen Serka Eko Budi Wiyono, dan Serma Aan Setyawan, di Curug Nangga, Rabu (16/6/2020).

Sejumlah pihak terutama Pemerintahan Desa Petahunan menyambut antusias pembangunan jalan setapak menjadi Jalan Usaha Tani (JUT) dan juga jalan kendaraan bermotor menuju curug. Pasalnya, selama ini wisatawan harus berjalan kaki dalam waktu 20-30 menit sejauh sejauh kurang lebih 2 kilometer dari lokasi parkir yang berada di desa tersebut.

Dengan dibangunnya akses beton sepanjang 1,8 kilometer, lebar 3,7 meter dan ketebalan 20 centimeter, dari Dukuh Sumingkir, Petahunan, para pengunjung nantinya akan diberikan pilihan untuk berjalan kaki atau langsung menggunakan kendaraan untuk menikmati pemandangan hamparan perkebunan dan persawahan terasering menuju objek wisata di ketinggian 420 mdpl yang berlatar belakang perbukitan.

Seperti yang disampaikan Dandim Banyumas, Letkol Infanteri Candra, SE, M.I.Pol (15/6), sangat yakin jika jalan beton dan sarana pendukungnya yaitu jembatan, talud dan 3 unit gorong-gorong selesai saat penutupan TMMD nanti (29/7), potensi objek wisata air di Petahunan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan baik dari lokal Banyumas maupun luar kota.

“Dampak positif yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat terhadap pembangunan jalan adalah, selain makin lancarnya pertanian dan perkebunan, perekonomian warga juga akan terdongkrak karena akan banyak warung-warung di pinggir jalan sebagai tempat istirahat melihat pemandangan alam dari perbukitan,” ucap Chandra.

Terpisah, Kepala Desa Petahunan, Rohmat Fadli (42), merasa sangat beruntung desanya terpilih menjadi sasaran pembangunan TNI lintas sektoral. Pasalnya, selain pembangunan infrastruktur, publikasi TMMD Reguler yang mencakup seluruh aspek perekonomian masyarakatnya juga memperkenalkan potensi wisata di Petahunan dan sekitarnya.

“Mewakili seluruh warga Petahunan, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah, TNI, media dan seluruh pihak yang membantu masyarakat kami termasuk memajukan potensi Curug Nangga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain Curug Nangga, di Petahunan juga ada Curug Pengantin yang terletak di Dukuh Karang Delima, walaupun akses dari rabat beton TMMD menuju dukuh tersebut masih berupa jalan tanah cukup terjal dan sulit dilalui jika hujan. (HS/Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed