oleh

Kabupaten Tanah Laut Sambut Hari Kesehatan Nasional ke-56 Dengan Predikat UHC

Pelaihari, infobanua.co.id  – Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun ini merupakan salah satu hari bersejarah bagi Kabupaten Tanah Laut. Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menyatakan berkomitmen mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi penduduk Kabupaten Tanah Laut. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama UHC yang dilakukan disela-sela acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Tanah Laut, Senin (16/11).

 

Bupati Tanah Laut Sukamta dalam sambutannya menyatakan bahwa terhitung 1 November 2020, Pemerintahannya telah mendaftarkan penduduknya menjadi peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebanyak 119.408 penduduk. Dengan begitu secara otomatis jumlah capaian kepesertaan JKN-KIS untuk wilayah Kabupaten Tanah Laut telah mencapai 345.431 jiwa atau sebanyak 98.40 % dari total jumlah penduduk Kabupaten Tanah Laut secara keseluruhan.

 

“Langkah ini merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan dalam bidang kesehatan sekaligus dukungan penuh terhadap program yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini program JKN-KIS. Dalam perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) salah satu poin yang sangat kami perhatikan adalah untuk program jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah kami. Pemerintah Daerah Tanah Laut sangat memperhatikan jaminan kesehatan serta pelayanan kesehatan yang optimal sehingga masyarakat kami dapat menikmati layanan kesehatan tanpa diskriminasi.” Ujar Sukamta.

 

Kepala Cabang Banjarmasin Agus Supratman yang hadir dalam penandatanganan perjanjian kerja sama UHC pada acara tersebut menyampaikan apresiasi terhadap langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terhadap masyarakatnya.

 

“Dengan tercapainya lebih dari 95% penduduk yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, maka Kabupaten Tanah Laut kini                 menjadi satu dari sekian kabupaten yang menerima predikat UHC. Apresiasi penuh terhadap Pemda Tanah Laut atas perhatiannya terhadap kesehatan masyarakat. Tentunya harapan kami, langkah yang telah diambil kabupaten Tanah Laut dapat memotivasi daerah-daerah lainnya untuk turut mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta JKN-KIS sehingga kemudahan dalam mengakses pelayanan kesehatan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ucap Prio.

 

Rel/IB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed