oleh

DPMD Kalsel Gelar Lomba ‘BUMDes Berpretasi’ Berhadiah Total Rp90 Juta

Banjarbaru – Guna memacu semangat, kreatifitas serta mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba BUMDes Berprestasi Tingkat Provinsi tahun 2021.

Untuk merangsang antusiasme peserta, pihak panitia dari DPMD Kalsel menyiapkan hadiah total sebesar Rp90 juta untuk 6 BUMDes terbaik.

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat, DPMD Provinsi Kalsel, Wahyu W Nugroho, Selasa (2/3/2021) menerangkan, sebanyak 26 BUMDes utusan dari 11 kabupaten di Kalsel menyatakan kesiapannya untuk mengikuti lomba.

“BUMDES terus dipacu agar memiliki kinerja yang baik berdaya guna dan BUMDes bisa menjadi salah satu sumber pendapatan bagi desa dan masyarakat. Salah satunya lewat lomba BUMDes yang dilaksanakan 2021 ini. 6 BUMDes terbaik akan dipilih dari 26 peserta yang mendaftar,” katanya.

Wahyu berkata, lomba ini untuk memacu kinerja dan pemberdayaan BUMDes, agar kreatif dan inovatif.

Sementara Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, DPMD Provinsi Kalsel Muhammad Agus Fariady mengatakan, penilaian terhadap BUMDes dilakukan dengan cermat dan mendetail. Bahkan sebelum tim penilai turun ke lapangan, kelengkapan dokumen 26 BUMDes juga diteliti.

Panitia memeriksa kesesuaian dokumen dengan kondisi riil BUMDEs. Termasuk data keuangan, cara mengelola keuangan dan asset. Jumlah omzet, unit usaha, struktur organisasi, penyertaan modal, kontribusi dan mitra BUMDes.  “Lomba BUMDes salah satu upaya DPMD Kalsel membentuk mindset tentang peran dan potensi suatu desa. Karena desa meski dipandang sebagai wilayah potensial untuk pembangunan ekonomi di tingkat pedesaan,” katanya. ang

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed