infobanua.co.id
Beranda Blitar Gubernur Jawa Timur, Memberi Sambutan Usai Sertijab Bupati dan Wabup Blitar

Gubernur Jawa Timur, Memberi Sambutan Usai Sertijab Bupati dan Wabup Blitar

Blitar, Infobanua.co.id –Usai sertijab Bupati dan Wakil Bupati Blitar, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, jalan Kota Baru, Kanigoro, Rabu 03-03-2021.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) mengatakan jika capaian vaksinasi covid-19 di Jawa Timur menjadi yang tertinggi di Indonesia, sampai sekarang capaian vaksinasi di Jawa Timur telah menembus 510.027 orang.

Capaian vaksinasi Jawa Timur ini menempati urutan tertinggi Nasional, mengungguli Jawa Tengah sebanyak 435.059 orang, kemudian Jawa Barat sebanyak 300.410 orang dan DKI Jakarta sebanyak 251.179 orang.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan, jika ini membuktikan kesungguhan Jawa Timur untuk menanggulangi pandemi covid-19. Karena vaksinasi memang sengaja dikebut agar terjadi percepatan terbentuknya herd immunity.

“Kami bersyukur, karena capaian vaksinasi di Jatim saat ini paling tinggi. Ke-depan kami berharap agar cakupannya akan semakin luas, utamanya bagi masyarakat yang termasuk prioritas bisa segera mendapatkan vaksinasi,” jlentrehnya.

Lebih dalam Khofifah menerangkan bahwa, jalannya vaksinasi yang juga berbarengan dengan PPKM jilid I, PPKM jilid II, dan PPKM Mikro jilid I serta saat ini PPKM Mikro jilid II, membawa hasil yang baik di Jawa Timur.

Terbukti, saat ini Jawa Timur sudah bebas dari Zona Merah. Selain itu, update pekan ini, sebanyak 16 daerah di Jatim sudah masuk pada Zona Kuning atau Zona Rendah risiko penularan covid-19.

“Daerah yang masuk Zona Kuning adalah Kabupaten Tulungagung, Malang, Lumajang, Jember, Bondowoso, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Probolinggo, Situbondo, Pasuruan, Mojokerto, Bangkalan, Lamongan, dan Kabupaten Bojonegoro serta Kota Probolinggo,” paparnya.

Sedangkan yang masih berstatus Zona Orange adalah Kota Surabaya, Kota Batu, Kota Malang, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Mojokerto dan Kota Kediri.

Disusul Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Tuban, Ngawi, Nganjuk, Magetan, Pacitan, Banyuwangi, Jombang, Sidoarjo, Gresik, dan Kabupaten Blitar.

Selanjutnya untuk Zona Merah, sudah dua pekan ini, Provinsi Jawa Timur telah dinyatakan bebas dari Zona Merah.

“Jalannya PPKM sampai dengan PPKM skala Mikro seiring dengan vaksinasi, alhamdulillah membawa dampak yang baik, kasusnya menurun, tingkat hunian ruang isolasi menurun, dan kami akan jaga ini dengan memaksimalkan vaksinasi dan menjaga ketertiban protokol kesehatan,” ungkap Khofifah.

Disinggung terkait stok vaksin, Khofifah menerangkan bahwa, Provinsi Jawa Timur sifatnya menunggu dari pusat, dan terus melaporkan progres capaian. Prinsipnya First In First Out (Fifo). Dan saat ini yang masih ada di cool room Jatim adalah buffer stock.

Yang digunakan untuk vaksinasi kelompok prioritas. Seperti beberapa waktu belakangan dilakukan vaksinasi untuk IWAPI, KONI dan banyak lagi organisasi. Sedang buffer stock di Jatim mencapai 9.000 dosis.

“Insya Allah, tahun ini vaksinasi covid-19 di Jawa Timur selesai sehingga Corona Virus Disease-2019 atau covid-19 tidak ada lagi di Jatim, sehingga Jatim Bangkit,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan