Pasar Takjil Kota Blitar Akan Dibuka Kembali

oleh -4 views
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar, Arianto.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar, akan membuka Pasar Takjil Ramadhan 1442 H/2021 M di jalan Ahmad Yani atau tepatnya di depan Kantor Telkom, muka SMP Negeri 01, sampai depan Kantor BRI, Kota Blitar, pada Kamis 15 April 2021 besuk.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar, Arianto, mengatakan bahwa, pihaknya akan membuka kembali Pasar Takjil, tapi pihaknya membatasi jumlah pedagang di Pasar Takjil, maksimal hanya 60 orang pedagang saja.

“Pasar Takjil dilaksanakan di jalan Ahmad Yani mulai depan Kantor Telkom sampai depan Kantor BRI,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar, Arianto,” kepada awak media, Rabu 14-04-2021.

Menurut Arianto, bahwa khusus di depan Markas Kodim 0808/Blitar, tidak boleh digunakan untuk berjualan pedagang Pasar Takjil.

“Hasil rapat, Pasar Takjil tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar dan ketat,” jlentrehnya.

Selanjutnya Arianto menjelaskan bahwa, Pasar Takjil akan dimulai besuk Kamis 15 April 2021 sampai dengan menjelang hari Lebaran.

Karena saat ini masih dalam pandemi Corona Virus Disease-2019 atau covid-19, maka jumlah pedagang di Pasar Takjil dibatasi maksimal hanya 60 orang pedagang saja.

Jumlah tersebut hanya sekitar 50 porsen dari jumlah pedagang Pasar Takjil dalam kondisi normal atau seperti biasanya pada tahun-tahun yang lalu, sebelum pandemi covid-19.

“Tempat berjualan pedagang satu dan pedagang lainnyapun juga kami beri jarak sekitar dua meter,” ungkapnya.

Lebih dalam Arianto menjelaskan bahwa, pedagang yang ingin berjualan di Pasar Takjil, diminta untuk mendaftar ke Kantor Disperdagin, jalan Jawa, Kota Blitar, dengan membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Selanjutnya Disperdagin akan menyeleksi pedagang dan jika dianggap memenuhi syarat akan diberi id card berjualan di Pasar Takjil.

“Sampai saat ini sudah ada 43 orang pedagang yang mendaftar untuk berjualan di Pasar Takjil,” paparnya.

Kemudian Disperdagin akan bekerjasama dengan menggandeng Satgas covid-19, Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub Kota Blitar, untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Takjil tersebut.

“Jika ada yang berkerumun, petugas yang akan membubarkannya. Kami berharap baik pedagang maupun pembeli tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan ketat di Pasar Takjil,” pungkasnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.