Para Pedagang Senang, Pasar Takjil Kota Blitar Digelar

oleh -3 views
Suasana Pasar Takjil di jalan Ahmad Yani, Kota Blitar.

Blitar, infobanua.co.id – Sesuai dengan janjinya Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, akan membuka kembali Pasar Takjil di muka Kantor Telkom sampai dengan muka Kantor BRI cabang Blitar, kecuali di muka Kodim 0808/Blitar yang tidak boleh untuk jualan akhirnya terwujud, Kamis 15 April 2021 sore kemarin.

Seorang ibu rumah tangga Bawing (40) warga jalan Bungur, Kelurahan/Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, sangat berterimakasih dan senang, karena Pemkot Blitar kembali menggelar Pasar Takjil di jalan Ahmad Yani, Kota Blitar, pada bulan Puasa tahun ini.

Bawing, mengatakan bahwa, dirinya sangat senang karena dapat ikut berjualan minuman dan sayuran untuk lauk buka puasa.

“Kami sangat senang, sebab Pasar Takjil diadakan lagi tahun ini. Pasar Takjil dapat ikut memutar roda perekonomian warga masyarakat,” kata Bawing, kepada awak media saat ditemui di lapaknya Pasar Takjil, Jum’at 16-04-2021.

Menurut Bawing, pada bulan Puasa tahun lalu, Pemkot Blitar tidak mengadakan Pasar Takjil karena untuk menangkal dan mencegah penyebaran covid-19.

Tapi pada bulan Puasa ini, Pemkot Blitar kembali menggelar Pasar Takjil, meski dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, karena masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Memang tahun ini Pasar Takjil digelar kembali dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Pedagang dan pembeli harus patuh dengan protokol kesehatan,” jlentrehnya.

Lebih dalam Bawing menjelaskan bahwa bagi dirinya keberadaan Pasar Takjil sangat membantu perekonomiannya untuk kebutuhan Lebaran.

Dirinya bisa mendapatkan laba bersih lebih dari Rp 3,5 juta dengan berjualan sayur, lauk, dan kolak selama hampir sebulan di Pasar Takjil pada tahun-tahun yang sebelum pandemi covid-19.

“Sebulan bisa dapat laba bersih lebih Rp 3,5 juta. Uang itu sangat lumayan untuk kebutuhan Lebaran. Kami sudah tujuh kali bulan Puasa berjualan di Pasar Takjil,” ungkapnya.

Selanjutnya Bawing menjelaskan bahwa, setiap hari dirinya berjualan sayur di rumah dan dia pasarkan dengan cara online di media sosial.

“Sehari-hari kami jualan sayur dirumah tapi pemasarannya lewat online,” pungkasnya.

Memang dengan digelarnya Pasar Takjil pada bulan Puasa tahun ini, selain pedagang, pembelipun merasa senang.

Seperti yang diungkapkan, oleh salah satu pengunjung Pasar Takjil, Evi (21) warga Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Menurut Evi, keberadaan Pasar Takjil membuat suasana bulan Puasa semakin terasa.

“Kami sering mencari menu buka puasa di Pasar Takjil. Dengan adanya Pasar Takjil, suasana Puasa semakin terasa hidup,” kata Evi sambil tersenyum riang.

Seperti telah diberitakan sebelumnya bahwa, Pemkot Blitar kembali menggelar Pasar Takjil pada bulan Ramadhan 2021.

Pasar Takjil digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara benar dan ketat.

Jumlah pedagang di Pasar Takjil juga dibatasi hanya 50 porsen dari jumlah biasanya sebelum pandemi covid-19.

Jika kondisi normal, jumlah pedagang Pasar Takjil bisa mencapai 150 orang pedagang.

Tapi saat ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar, membatasi jumlah pedagang hanya 60 orang pedagang sampai 85 orang pedagang.

Tempat berjualan antara pedagang satu dengan pedagang lainnya juga diberi jarak lebih dari dua meter.

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres Blitar Kota juga berjaga untuk mengawasi protokol kesehatan di Pasar Takjil tersebut. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.