Categories: Blitar

Gerbong Mutasi Jabatan Dilingkup Pemkot Blitar Segera Berjalan

Blitar, Infobanua.co.id –Saat ini banyak kekosongan jabatan kepala Organisasi Peringkat Daerah (OPD) dalam Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Untuk itu Walikota Blitar, Santoso, segera akan melakukan mutasi dan pengisian kekosongan jabatan di sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah tersebut.

Walikota Blitar Santoso, mengatakan, Pemkot Blitar targetkan, mutasi dan pengisian kekosongan jabatan kepala OPD bisa dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2021 ini.

“Pelaksanaan mutasi dan pengisian kekosongan jabatan kepala OPD bisa segera dilakukan, setelah posisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar definitif sudah dilantik,” kata Walikota Blitar, Santoso, Senin, 02-08-2021.

Menurut Santoso, setelah Sekda definitif dilantik, pihaknya akan melakukan penataan dan pengisian jabatan yang kosong. Targetnya pada akhir bulan Agustus 2021 ini.

Lebih dalam Santoso menuturkan, setelah Sekda definitif dilantik, pihaknya segera membentuk pantia seleksi mutasi dan pengisian kekosongan jabatan kepala OPD.

“Dan posisi Sekda adalah sebagai ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat),” terangnya.

Masih menurut Santoso, sesuai UU nomor 10 Tahun 2016, tentang Pemilihan Kepala Daerah menyebutkan Walikota dan Bupati boleh melakukan mutasi setelah enam bulan menjabat kecuali mendapat ijin Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kami dilantik sebagai Walikota pada bulan Pebruari 2021. Pada bulan Agustus 2021 kami sudah enam bulan dan bisa melakukan mutasi,” jelasnya.

Sementara Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono, mengatakan, tahapan persiapan pelaksanaan mutasi dan pengisian kekosongan jabatan sejumlah kepala OPD dimulai bulan Agustus 2021.

Pihaknya akan segera membentuk pantia seleksi untuk persiapan mutasi dan pengisian kekosongan jabatan kepala OPD.

“Sesuai arahan dari Walikota akan dilakukan penataan tahap dua dan tahap tiga. Tahap dua penataan kepala OPD yang kosong melalui lelang jabatan. Tahap ketiga pelantikan dan pengisian jabatan yang ditinggal pejabat yang mendapat promosi,” kata Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono.

Untuk diketahui, saat ini ada sejumlah jabatan kepala OPD di lingkungan Pemkot banyak yang Blitar kosong.

Sejumlah jabatan kepala OPD yang kosong, diantaranya, Dinas Pendidikan, DPUPR, DLH, Satpol PP, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dispendukcapil.

Sejumlah jabatan kepala OPD kosong karena pejabat lama memasuki masa pensiun dan sebagian meninggal.

Sedang sejumlah jabatan kepala OPD yang kosong saat ini diisi oleh Pelaksanaan tugas (Plt). (Eko.B) 

admin

Recent Posts

Ribuan Jemaah Berbagai Daerah Hadiri Acara Puncak Haul ke 218

Martapura, infobanua.co.id - Ribuan jemaah dari berbagai daerah menghadiri acara puncak Haul ke 218 Jaddina…

6 jam ago

AMPI Deklarasi Dukungan Airlangga Hartarto Jadi Ketua Partai Golkar

Jakarta, infobanua.co.id - Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) mendeklarasikan dukungannya secara resmi kepada Airlangga Hartarto…

6 jam ago

Habib Idrus Hadiri Haul ke- 218 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Kelampayan

Martapura, infobanua.co.id – Meski hujan gerimis terjadi dibeberapa desa yang dilalui, namun jemaah haul ke…

6 jam ago

DPRD PPU Bentuk 3 Pansus Dalam Rancangan Peraturan Daerah

PENAJAM, infobanua.co.id - Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyampaikan…

7 jam ago

Sekretariat DPRD PPU Fasiliatasi AKD Dalam Pembentukan Raperda

PENAJAM, infobanu.co.id - Sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membentuk…

7 jam ago

Walikota Dumai Dukung Pengembangan Workshop Dayatama Polanusa

DUMAI, infobanua.co.id – Walikota Dumai H. Paisal SKM MARS siap mendukung perkembangan workhsop Dayatama Polanusa…

12 jam ago