oleh

Banjarbaru Perpanjang PPKM Level IV

Banjarbaru, infobanua.co.id – Antisipasi penyebaran dan upaya penanganan pandemic Covid-19 secara baik, cepat dan tepat agar tidak berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat. Maka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di perpanjang hingga 9 Agustus 2021 setelah sebelumnya berakhir pada 2 Agustus 2021.

Hal ini disampaikan Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, Senin (2/8/2021), berdasarkan instruksi Forkopimda pidato Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka  yang menyatakan perpanjangan pelaksanaan PPKM level 4 untuk luar Jawa dan Bali.

Wali Kota Banjarbaru menuturkan, ketentuan dalam instruksi mengatur pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan seratus persen  Work From Home (WFH) dan kegiatan belajar  dilakukan secara daring atau online. Pasar rakyat yang jual bahan kebutuhan pokok buka seperti biasa dengan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak serta menyediakan tempat cuci tangan. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai pukul 15.00 Wita.

“Pelaksanaan kegiatan sektor esensial diberlakukan 50 persen WFH, kegiatan sehari-hari diberlakukan 100 persen wajib protokol kesehatan, sektor industri ekspor dan penunjang ekspor diberlakukan maksimal 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan,” jelasnya.

Aditya mengatakan, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cuci kendaraan dan usaha kecil lyang sejenis, diizinkan buka sampai dengan pukul 21.00 Wita dengan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak serta menyediakan tempat cuci tangan. Apotik dan toko obat diperkenankan buka 24 jam dengan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak serta menyediakan tempat cuci tangan.

“Penjual  makan, minum di rumah makan, restoran, kafe hanya menerima delivery atau take away tidak menerima makan ditempat tapi diperkenankan buka sampai dengan pukul 20.00 Wita dengan pekerja wajib gunakan masker, menjaga jarak serta menyediakan tempat cuci tangan,” ungkapnya.

Ditambahkanya, kegiatan konstruksi beroperasi seratus persen dengan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Kegiatan pusat perbelanjaan seperti mal pusat perdagangan diatur yakni Tenant yang melayani kebutuhan pokok dan obat-obatan sampai dengan pukul 20.00 Wita. Tenant yang melayani food and beverage tidak diperkenankan dine-in dan tidak menyediakan tempat duduk, hanya boleh take away sampai pukul 20.00 Wita, serta selain tempat terkait diatas maka tidak boleh beroperasi selama masa PPKM .

Yus/IB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed