oleh

Vaksinasi Corona, Dinkes Kota Blitar Sasar Anak Sekolah

Blitar, Infobanua.co.id –Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melaui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar terus gencar melakukan vaksinasi Corona Virus Disease-2019 (covid-19) untuk mengejar target minimal 70 porsen warga masyarakat sudah mendapatkan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto, mengatakan, saat ini capaian vaksinasi covid-19 di Kota Blitar masih mencapai sekitar 58 porsen dari jumlah sasaran 115.850 orang untuk dosis kesatu.

“Salah satu upaya untuk mengejar target capaian vaksin covid-19, adalah dengan melakukan vaksinasi massal untuk pelajar di SMKN 1, jalan Kenari, Kota Blitar,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto, Rabu 04-08-2021.

Menurut Didik, pihaknya telah menyiapkan 1.000 dosis untuk kegiatan vaksin massal untuk pelajar di SMKN 1 Kota Blitar.

“Kegiatan vaksinasi massal untuk pelajar ini dilaksanakan serentak di Provinsi Jawa Timur,” jlentrehnya.

Lebih dalam Didik menuturkan, dalam kegiatan tersebut, tiap Kota dan Kabupaten ditargetkan 1.000 dosis vaksin untuk pelajar.

“Untuk Kota Blitar, kami melakukan di SMKN 1, dengan pertimbangan karena jumlah siswa di SMKN 1 paling banyak diantara Sekolah yang ada di Kota Blitar,” terangnya.

Masih menurut Didik, pihaknya telah mengerahkan lima tim dari beberapa fasilitas kesehatan untuk melakukan kegiatan vaksinasi massal bagi pelajar di SMKN 1.

“Sebenarnya, kami sudah melakukan vaksinasi untuk remaja dan pelajar secara bertahap,” paparnya.

Selanjutnya Didik menuturkan jika kegiatan vaksinasi massal untuk pelajar tersebut sebagai upaya untuk mempercepat capaian vaksin di Kota Blitar.

Karena target minimal capaian vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity adalah 70 porsen untuk dosis satu dan dosis dua.

Sedangkan sampai saat ini, capaian vaksin covid-19 di Kota Blitar baru nencapai sekitar 58 porsen untuk dosis satu.

“Kami hilimbau untuk warga masyarakat yang sudah mendapat vaksin dosis satu jangan lupa ikut vaksin pada dosis dua. Sebab herd immunity terbentuk apabila dosis satu dan dosis dua terpenuhi,” jelas Didik.

Akhirnya Dudik menjelaskan bahwa, Dinkes Kota Blitar, akan terus melakukan upaya percepatan program vaksinasi kepada warga masyarakat.

“Percepatan program vaksinasi terus kami lakukan dengan menyesuaikan stok vaksin yang tersedia,” pungkasnya. (Eko.B).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed