oleh

Warga Dapat Jatah Bedah Rumah dari Pemerintah Kabupaten Balangan

PARINGIN – Tiga kali sudah, warga Desa Mamigang RT 2, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yakni Bakri mengajukan usulan untuk bantuan Bedah Rumah.

Lelaki ini merupakan petani yang terdata berpenghasilan rendah di Desa Mamigang. Rumahnya pun masih bentuk pondok yang ia tinggali bersama keluarga.

Baru-baru ini, program rehabilitasi rumah kembali dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Balangan.

Sebanyak 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan bantuan tersebut. Satu di antaranya ialah Bakri.

“Saya sempat diminta mengumpulkan KTP dan beberapa persyaratan lainnya. Tapi saya tidak begitu berharap. Karena sudah tiga kali mengusulkan selalu gagal. Sudah sering juga ada yang datang mengambil gambar dan bilang ada bantuan rehab. Tapi nyatanya selalu tidak jadi,” ucap Bakri saat ditemui di rumahnya di Desa Mamigang, Kamis (19/8/2021).

Bantuan rehabilitasi terhadap rumah Bakri diberikan dalam bentuk barang. Namun ia juga meminta uang untuk pembayaran tukang. Pasalnya, ia ingin mengerjakan bangunan sendiri dan dibantu tukang yang dibayar harian.

Adapun nominal secara keseluruhan dari dana bantuan rehabilitasi rumah tersebut mencapai Rp 17.500.000.

Rincian anggaran meliputi Rp 2.500.000 untuk upah tukang dan Rp 15.000.000 untuk pembelian barang dipotong pajak.

Rumah Bakri rencananya dibangun di lahan pribadi yang berada di dekat kebun. Tepatnya berdekatan dengan rumah sebelumnya, namun berada pada lokasi yang lebih tinggi.

Pasalnya, bangunan rumahnya saat ini yang sudah nampak tua, seringkali dilanda banjir, apabila air sungai di sekitar rumahnya meluap. Meski lantai ditinggikan, namun banjir dianggap membuat tidak nyaman.

Sumber:

https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/08/19/warga-dapat-jatah-bedah-rumah-dari-pemerintah-kabupaten-balangan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed