infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Kalsel Kembali Raih Penghargaan Nasional, Kali ini dari Perpusnas RI

Kalsel Kembali Raih Penghargaan Nasional, Kali ini dari Perpusnas RI

Banjarbaru, infobanua.co.id – Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memborong 3 penghargaan sekaligus, yang diberikan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), dalam gelaran Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2021.
Penghargaan pertama diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atas indeks pembangunan literasi (IPL) Kalsel tertinggi secara nasional.
Kemudian anugerah Nugra Jasa Dharma Pustaloka untuk Kadispersip Prov Kalsel Hj Nurliani serta Nugra Jasa Pustaloka untuk Bupati HSU Abdul Wahid HK.
Indeks pembangunan literasi Provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan skor tertinggi di Indonesia.
Berdasarkan  data rilis Perpusnas RI, Kalsel tercatat meraih indeks pembangunan literasi diperingkat pertama dengan angka 48,7 persen. Skor tersebut jauh mengungguli posisi kedua yaitu Provinsi Bangka Belitung dengan angka 28,83 dan diperingkat ketiga Provinsi Gorontalo dengan angka  28,18 persen.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor   mengungkapkan syukur sekaligus bangga karena mampu mewujudkan salah satu indeks pembangunan literasi.
“Pencapaian itu tidak terlepas dari kerja sama yang baik bersama seluruh pihak mulai dari pemangku kepentingan dan lintas komunitas seluruh masyarakat,” katanya.
Ditekankan, semuanya tidak akan terwujud jika tidak mendapat bantuan dan dukungan berbagai pihak serta dukungan internal jajaran Dispersip Kalsel sehingga bisa meraih penilaian maksimal tersebut.
Sementara untuk Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka diberikan sebagai apresiasi tertinggi Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terhadap pejabat publik, tokoh masyarakat, jurnalis, media massa, dan lifetime achievement.
Secara terpisah Kadispersip Kalsel Hj Nurliani bersyukur karena Provinsi Kalsel mendapat 3 penghargaan sekaligus. “Ini mungkin pertama kalinya di Indonesia,” ungkap Kadispersip Kalsel usai menghadiri pemberian penghargaan secara daring.
Untuk diketahui ajang Gemilang Perpusnas 2021 merupakan agenda tahunan yang memberikan penghargaan kepada pihak yang berkontribusi pada kemajuan perpustakaan  dan budaya baca di Indonesia.
Rel/IB

Bagikan:

Iklan