oleh

Akibat Banjir, Jalur Antara Blitar dan Malang Lumpuh Total

Blitar, Infobanua.co.id – Selain sering terjadi kecelakaan lalu lintas, ternyata jalur jalan ini mendadak banjir, karena hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, dari pukul 12.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB, Selasa 14 September 2021.

Karena genangan air cukup tinggi, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas macet dan lumpuh beberapa saat.

Meskipun hujan sudah reda, namun air yang menggenangi ruas jalan tidak langsung surut.

Terutama jalan di depan kantor BRI yang berseberangan dengan kantor Pos Kesamben.

“Banyak sepeda motor yang mogok karena nekat menerobos genangan air,” kata salah satu warga setempat yang enggan disebut namanya.

Menurut dia, entah apa yang terjadi, karena tidak biasanya jalan tersebut banjir seperti ini.

Memang hujan siang ini cukup deras dan terjadi cukup lama. Namun tanpa diduga air di ruas jalan raya antara Blitar dan Malang itu terus meninggi hingga selutut orang dewasa, sehingga banyak sepeda motor mogok ketika nekat menerobosnya.

Seperti dialami oleh ibu-ibu yang melaju dari arah Barat atau Blitar, ia sampai terjatuh bersama sepeda motor matik yang dikendarainya.

Terlihat, tiba-tiba ia terjatuh dan terjerembab ke genangan air hingga kesulitan bangun.

Karena begitu jatuh, seketika tubuhnya langsung menghilang di bawah genangan air dan ketika muncul lagi dia harus bangun dengan susah payah.

Anehnya meski sempat tenggelam, tapi sepeda motornya masih bisa dihidupkan dan dapat dikendarai lagi.

“Memang sempat ditolong oleh penggendara sepeda motor lainnya, dan sempat meminum air banjir, karena tubuhnya terbenam ke air. Begitu bangun, ibu itu langsung melanjutkan perjalanan sehingga tidak sampai terluka namun terlihat agak gemetar,” jlentrehnya.

Sementara Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu Udiono, mengatakan, genangan air tersebut sepanjang 300 meter. Tapi cukup membuat banyak sepeda motor mogok dan mobil tidak berani menerobosnya.

“Tidak ada laporan kecelakaan terkait peristiwa ini,” kata Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu Udiono.

Selanjutnya Udiono menghimbau kepada para pengendara sepeda motor agar tidak nekat menerobos kubangan air jika ada banjir serupa di lokasi tersebut.

“Sebaiknya berteduh dahulu sampai menunggu hujan reda atau mencari jalan alternatif,” jlentrehnya.

Menurut Udiono penyebab banjir di sepanjang jalan raya depan Bank BRI Kesamben tersebut diduga karena terjadi sumbatan pada drainasenya.

“Karena banjir baru kali ini terjadi, sehingga diperkirakan hujan pertama yang langsung deras membuat volume air tidak bisa lancar mengalir ke sungai,” pungkasnya. (Eko.B).

News Feed