oleh

Kota Blitar Masih Menutup Bioskop, Meski Sudah Berada di PPKM Level 3

Blitar,Infobanua.co.id – Meski Kota Blitar sudah masuk PPKM Level 3, tapi belum memperbolehkan Bioskop beroperasi, karena Kota Blitar masih berada di Zona Orange penyebaran Corona Virus Disease-2019 (covid-19).

Walikota Blitar, Santoso, mengatakan, memang sebelumnya, Pemerintah Pusat memperbolehkan Bioskop dibuka kembali selama pelaksanaan PPKM di wilayah berstatus PPKM Level 3 dan Level 2 dengan penerapan protokol kesehatan secara benar dan ketat termasuk menyediakan aplikasi PeduliLindungi.

“Untuk Kota Blitar, Bioskop sementara belum boleh beroperasi. Karena syarat untuk Bioskop buka harus sudah Zona Hijau,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, kepada awak media, Rabu 15 September 2021.

Menurut Santoso, saat ini status Kota Blitar masih berada pada Zona Orange meski status PPKM sudah masuk Level 3.

“Sebab tidak hanya Level yang dilihat, tapi juga status Zonanya menjadi syarat. Dan menurut kami, apalagi di Kota Blitar belum terlalu mendesak untuk membuka Bioskop,” jlentrehnya.

Lebih dalam Santoso menuturkan, Kota Blitar justru cenderung akan mengujicoba membuka tempat Pariwisata di masa PPKM Level 3 ini.

Uji coba pembukaan tempat Pariwisata tetap dengan penerapan protokol kesehatan secara benar dan ketat.

“Kami akan uji coba pembukaan tempat wisata yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar. Untuk teknisnya masih dibahas,” terangnya.

Sementara Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan sesuai Instruksi Mentari Dalam Negeri (Inmendagri) Bioskop boleh dibuka kembali di wilayah PPKM Level 3 dengan kapasitas 50 porsen dari kapasitas ruangan dan pakai aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, pengelola juga harus menyiapkan sarana protokol kesehetan (protkes), petugas protkes, SOP, dan mendapat rekomendasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Selain itu, semua karyawan juga harus sudah vaksin. Kalau belum memenuhi persyaratan itu belum boleh beroperasi dahulu,” kata Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo.

Ditempat terpisah Manajer Blitar Square, Toni Antonius, mengatakan, sampai saat ini sekarang bioskop yang berada di Blitar Square masih belum buka.

Mereka masih menunggu keputusan dari manajenen pusat, terkait rencana pembukaan kembali Bioskop di Blitar Square.

“Tadi kami sudah koordinasi dengan pusat terkait rencana pembukaan kembali bioskop di PPKM Level 3,” kata Manajer Blitar Square, Toni Antonius.

Menurut Toni, manajemen sudah menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan di Bioskop.

Manajemen juga sudah berkirim surat terkait aplikasi PeduliLindungi ke Dinas Kominfotik Kota Blitar.

“Tentang aplikasi PeduliLindungi kami lagi pengajuan ke Kominfo. Karena kami juga belum tahu cara penggunaan aplikasi itu seperti apa,” ungkapnya.

Selanjutnya Toni berharap, agar Bioskop di Blitar Square segera dapat buka kembali di masa PPKM Level 3.

“Kami sangat berharap dapat buka kembali, karena Bioskop menjadi magnet pengunjung di Blitar Square,” pungkasnya. (Eko.B).

News Feed