infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Kades dan Perangkat Desa Ikut Pelatihan RPJMDes

Kades dan Perangkat Desa Ikut Pelatihan RPJMDes

Marabahan, infobanua.co.id – Para Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa se-Kecamatan Anjir Muara mengikuti Pelatihan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Rodhita Banjarmasin ini dibuka Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Zulkipli Yadi Noor, Jumat (10/09/2021) sore.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, Jumat hingga Minggu (10 – 12) Sepertember 2021 ini sedikitnya diikuti 47 peserta yang berasal dari 15 desa yang ada di Kecamatan Anjir Muara.Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dalam sambutan disampaikan Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor menyatakan, apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan.

“Semoga momen ini menjadi langkah awal kerjasama yang sinergi semua pihak dalam rangka menciptakan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa di seluruh wilayah Batola, khususnya dalam upaya pencapaian visi dan misi pembangunan desa sekaligus mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah serta pembangunan nasional,” ucapnya.

Menyinggung tetang pelatihan, bupati menyatakan, dilaksanakan dalam upaya penyempurnaan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa. “Dalam penyusunan RPJMDes harus melibatkan semua unsur masyarakat dengan harapan produk yang dihasilkan menyerap semua aspirasi masyarakat, karena sekarang ini pembangunan dimulai dari desa sedangkan RPJM Desa sendiri merupakan induk dari program kerja 6 tahun kades terpilih,” paparnya.

Dalam penyusunan RPJMDes, saran bupati, harus menyesuaikan visi misi kades dengan kebijakan pemerintah kabupaten agar tidak terjadi tumpang tindih yang menghambat proses pembangunan daerah. “Pemberdayaan desa dalam upaya mewujudkan masyarakat maju, adil dan sejahtera sangat ditentukan semua pihak dalam melaksanakan peran dan fungsi secara baik dan profesional sesuai kedudukan masing-masing,” ujar bupati sembari menambahkan, sementara dalam konteks pemberdayaan dan demokrasi desa kades merupakan ujung tombak dan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan.

Sebelumnya, panitia penyelenggaran yang juga Ketua BKAD Kecamatan Anjir Muara, Gazali Rahman, mengatakan tujuan dilaksanakannya pelatihan untuk memberikan pengetahuan dalam penyusunan arah kebijakan dan program serta kegiatan operasional tahunan dalam rentang waktu 6 tahun dan tersusunnya draft RPJMDes masing-masing desa. Pembukaan Pelatihan Penyusunan RPJM Desa ini juga dihadiri Kepala Dinas PMD Mochammad Aziz dan Ketua BKAD Batola, Trisno Subroto.

Nang/IB

Bagikan:

Iklan