infobanua.co.id
Beranda Blitar Kawasan MBK Blitar Akan Dibuka Dengan Beberapa Syarat Bagi Para Pengunjung

Kawasan MBK Blitar Akan Dibuka Dengan Beberapa Syarat Bagi Para Pengunjung

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, akan segera membuka kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK) dalam PPKM Level 3.

Kepala Disparbud Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan penerapan protokol kesehatan (protkes) untuk uji coba pembukaan Makam Bung Karno.

Pihaknya membentuk lima unit Satuan Pelaksana (Satlak) untuk persiapan uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno.

Satlak beranggotakan dari para pelaku wisata, dengan tugas mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 saat uji coba pembukaan Makam Bung Karno tersebut.

“Kami mengajak para pelaku wisata di Makam Bung Karno dan PIPP untuk berkomitmen terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) memperlakukan pengunjung ketika uji coba pembukaan tempat wisata di masa PPKM Level 3,” kata Kepala Disparbud Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, Jum’at 17-09-2021.

Menurut Tri Iman, pihaknya mewujudkan komitmen tersebut dalam pembentukan Satlak.

“Kami bentuk lima unit Satlak, untuk di PIPP, Becak Wisata, City Walk, Pedagang Asongan, dan pintu keluar Makam Bung Karno,” jlentrehnya.

Lebih dalam Tri Iman menuturkan, pihaknya telah membentuk Satlak agar warga masyarakat khususnya para pelaku wisata ikut bertanggung jawab dalam penerapan protokol kesehatan saat uji coba kawasan wisata Makam Bung Karno.

“Bila kedapatan pengunjung melanggar protkes, bukan hanya Satgas Disparbud yang menegur , tapi juga warga masyarakat,” terangnya.

Masih menurut Tri Iman, pengunjung yang diperbolehkan masuk ke pusara Bung Karno hanya yang status di aplikasi PeduliLindungi Hijau.

Muaranya adalah para pengunjung sudah mengikuti vaksin dosis satu dan dosis dua.

Sedangkan bagi pengunjung yang belum bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi di ponsel diminta menunjukkan kartu vaksin dosis dua.

Untuk pengunjung anak-anak dan yang belum vaksin hanya boleh berada di areal luar pusara Bung Karno.

“Kami batasi pengunjung maksimal 100 orang yang masuk ke dalam pusara Bung Karno. Kami atur 50 orang di pusara dan 50 orang di pelatarannya.” jelasnya.

Selanjutnya Tri Iman menjelaskan, pihaknya juga membuat nomor untuk pengunjung mulai nomor 01 hingga nomor100.

“Kami berencana melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno di masa PPKM Level 3 ini, dengan menerapkan protkes yang benar dan ketat.” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan