oleh

Program Desa Sarjana Wujudkan Kesejahteraan Desa

Malinau – Pemkab Malinau sosialisasi penyelenggaraan program Desa Sarjana Kabupaten Malinau tahun 2021 yang digelar di Balai Adat Tidung Malinau Seberang Malinau Utara, Rabu (15/9/2021).

Sekda Malinau, DR. Ernes Selfanus  MM menyampaikan, sosialisasi program desa Sarjana yang di cetuskan saat kampanye oleh Bupati dan Wakil Malinau ada lima program unggulan akan diwujudkan dan dilaksanakan. “Program desa Sarjana ini secara teknis dari masing – masing Kepala desa merekrut anak – anak yang sudah lulus dari SLTA nanti nya diseleksi  dari Tiem yang di tunjuk,” kata Ernes

Sementara Kepala Dinas PMD  Padan menyampaikan secara teknis lewat aturan umum dalam arti  kepala desa yang merekrut setiap desa dua atau anak yang di anggap prestasi dan melalui seleksi. “Mereka yang berhasil akan di kuliahkan sesuai kebutuhan desa itu, misalnya sarjana pertanian/ peternakan yang di beri biaya kuliah dari jenjang D 1, D2 , D3 , S1 dan S 3 setelah lulus ditugaskan sebagai tenaga ahli di desa masing – masing. Dengan catatan mereka tidak boleh mengikuti tes CPNS atau jadi pegawai,” katanya.

Kata Padan, hal ini bertujuan agar masyarakat desa bisa sejahtera dari tenaga ahli desa itu. Mahasiswa yang kuliahkan ini diberi biaya Rp 10 juta/tahun.

Penulis: Philipus

 

News Feed