oleh

Jelang Dibukanya Kawasan MBK Blitar, Ratusan Pelaku Wisata Ditest Swab Antigen

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, berencana akan membuka kembali kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK), sebagai uji coba pada PPKM Level 3.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, melalui Kabid Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Heru Santoso, mengatakan, sejumlah pelaku wisata di kawasan Makam Bung Karno menjalani test swab antigen di Posko Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), jalan Moch. Hatta, Kota Blitar, Sabtu 18-09-2021 hari ini.

“Test swab antigen terhadap para pelaku wisata ini untuk persiapan uji coba pembukaan Makam Bung Karno,” kata Kabid Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Heru Santoso.

Menurut Heru, sesuai target ada sebanyak 150 orang, baik dari pelaku wisata maupun staf yang menjalani test swab antigen tersebut.

Jika kedapatan pelaku wisata dan staf yang positif covid-19 hasil test swab antigen, segera diisolasi dan tidak boleh ikut uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno.

“Kalau ada yang positif covid-19, kami isolasi, dan untuk sementara tidak boleh ikut uji coba pembukaan kawasan wisata MBK,” jlentrehnya.

Lebih dalam Heru menuturkan, pihaknya juga sudah membentuk Satuan Pelaksana (Satlak) di masing-masing paguyuban pelaku kawasan wisata MBK.

Satlak bertugas untuk ikut mengawasi penerapan protokol kesehatan (protkes) ketika uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno tersebut.

“Para pelaku wisata dan staf juga sudah menjalani vaksin,” terangnya.

Masih menurut Heru, uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno tetap dengan protokol kesehatan yang benar dan ketat.

Para pengunjung dibatasi maksimal 100 orang saja yang masuk di pusara Bung Karno.

Dari 100 orang yang masuk, masih diatur lagi, yakni hanya 50 orang saja yang berdo’a di pusara dan 50 orang lainnya menunggu di pelataran pusara.

“Kami sudah membuat nomor antrean pengunjung mulai dari nomor 01 hingga nomor 100 dan pengunjung yang boleh masuk pusara juga harus sudah vaksin dosis satu dan dosis dua,” terangnya.

Selanjutnya Heru menjelaskan bahwa, para pengunjung juga harus menunjukan kartu vaksin atau aplikasi PeduliLindungi di ponsel dengan status hijau.

Sedang pelaksanaan uji coba pembukaan kawasan wisata Makam Bung Karno seharusnya sudah dimulai hari ini Sabtu 18-09-2021.

“Seharusnya uji coba dimulai hari ini. Tapi kami harus mempersiapkan persyaratannya terkebih dahulu termasuk test swab antigen untuk para pelaku wisata dan staf,” pungkasnya. (Eko.B).

News Feed