infobanua.co.id
Beranda TAPIN Diskominfo Tapin Gelar Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR! Se-Kalimantan Selatan

Diskominfo Tapin Gelar Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR! Se-Kalimantan Selatan

TAPIN, Infobanua.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tapin menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR! Se-Kalimantan Selatan dalam rapat koordinasi di Aula Tamasa Kantor Sekretariat Daerah Tapin, Rabu (22/9).

Monev Pengelolaan SP4N-LAPOR! Se-Kalsel melalui video zoom dalam rapat koordinasi pihaknya bersinergi dengan para programmer termasuk tim cybercrime Polda Kalsel termasuk narasumber dari Diskominfo Kalsel dan lembaga. Acara diawali dengan paparan dan arahan Gurbenur Kalsel, Sahbirin Noor dan Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel.

Di lingkungan Pemkab Tapin dalam rakor itu hadir Sekretaris Daerah Tapin, H.Masyraniansyah dan Kepala Dinas Kominfo Tapin Thamberin, S,Sos, MM.

Kegiatan ini sesuai mandat dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Indonesia dan PermenPANRB No.46 Tahun 2020 tentang Roadmap SP4N Tahun 2020-2024.
SP4N-LAPOR! adalah aplikasi lapor yang memiliki sistem terintegrasi dengan kualitas pelayanan publik sampai ke Kemenpan-RB. Diinformasikan, target pelaporan SP4N tahun 2021 sudah mencapai ratusan ribu dan tahun 2024 ditargetkan dapat mencapai jutaan.Melalui aplikasi SP4N-LAPOR ini, laporan masyarakat berkaitan dengan pelayanan publik di Tapin semuanya terekam di Kemenpan-RB dan tak lepas kemungkinan dapat menjadi laporan secara berkala kepada presiden.

Sekretaris Daerah Tapin, H.Masyraniansyah mengatakan hari ini kita mengikuti kegiatan zoom SP4N LAPOR!, dan Alhamdulillah untuk menindaklanjuti itu, Tapin berada di ranking kedua karena kecepatan kita dalam menindaklanjuti setiap laporan. Dan dinilai jauh lebih baik dibandingkan Kabupaten lain.

“Berkat adanya SP4N LAPOR! Ini masyarakat kita tentunya tidak manual lagi dalam melaporkan setiap kejadian di lingkungan mereka,”katanya kepada sejumlah wartawan.

Contohnya, dijelaskan Sekda Tapin, saya coba gunakan aplikasi SP4N LAPOR! ini dengan menyampaikan laporan adanya jalan rusak misalnya dan laporan itu langsung masuk ke Diskominfo. Selanjutnya, Diskominfo akan memverifikasi ke Dinas terkait dan ditindaklanjuti.

“Disitu akan tahu nantinya bahwa ada jalan yang diprioritaskan dan membutuhkan dana untuk perbaikannya,”katanya.

“Selain itu juga sebagaimana arahan dari Gurbenur Kalsel tadi terkait pembagian dana BLT misalnya. Jika ada warga yang belum mendapatkan itu bisa melaporkan melalui aplikasi SP4N LAPOR ini sehingga dapat ketemu apa persoalannya sampai dirinya tak dapat BLT,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan