infobanua.co.id
Beranda BANJAR Lapor Manis Dapat Pujian 100 Persen Selesaikan Aduan Masyarakat

Lapor Manis Dapat Pujian 100 Persen Selesaikan Aduan Masyarakat

Martapura, infobanua.co.id – Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Manis Kabupaten Banjar mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAM- RB) serta Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Pasalnya layanan aduan SP4N lapor Manis Kabupaten Banjar ini cukup banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan aduan dan aspirasi layanan publik.

Terbukti hingga kini sudah 771 aduan yang masuk ke aduan Lapor Manis. Bahkan dari aduan tersebut sudah 99,1 persen aduan sudah terselesaikan.

Kementerian Dalam Negeri, dan Kemen PAN-RB melakukan evakuasi dan monitoring pengelolaan SP4N Lapor di kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (22/9/2021).

Evaluasi secara virtual ini juga diikuti oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Kadis Kominfo Kalsel Gt. Yanuar Noor Rifai.

Sedangkan dari Kemendagri, Benni Irwan selaku Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, dan dari Kemen PAN- RB, Yanuar Ahmad, Asisten Deputy Sistem Informasi Pelayanan Publik.

“Kita cukup bangga dengan pengelolaan SP4N Lapor di Kalimantan Selatan. Masyarakat sangat banyak yang memanfaatkan layanan aduan ini untuk menyampaikan aspirasinya. Terima kasih kepada kabupaten dan kota,” ujar Paman Birin, demikian gubernur biasa disapa.

Di Kabupaten Banjar, selama 2021 dari 77 aduan yang masuk ke Lapor Manis semuanya sudah diselesaikan 100 persen, dengan rata-rata kecepatan verifikasi 2 hari. “Kami sangat mengapresi apa yang telah dilakukan oleh pengelolaan Lapor daerah ini,” ujar Yanuar Ahmad dari KemenPAN RB.

Terobosan Kabupaten Banjar yang mengenalkan fortal layanan aduan ini kepada para santri melalui program Lapor Manis Goes To Pesantren, juga mendapat apresiasi dari KemenPANRB. “Hanya saja perlu konsep yang lebih matang agar inovasi tersebut bisa meningkatkan daya ungkit untuk layanan aduan ini,” ujar Benni Irwan.

Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM. Aidil Basith yang mengikuti virtual monev dari Command Center Manis, menyampaikan, bahwa kemanfaatan Lapor Manis karena komitmen dari Bupati H Saidi Mansyur dan Wabub Habib Idrus Al Habsyie untuk menerima masukan dan mengetahui kebutuhan masyarakatnya.

“Tentunya selaku admin Lapor Manis, kami Diskominfo juga berterima kasih atas partisipasi dan kesungguhan dan SKPD dalam menrespon dan menindaklanjuti aduan masyarakat, sehingga semua aduan bisa diselesaikan,” ujar Basith yang didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya, Kasi Pengelolaan IKP, M. Hamdani dan Admin Utama SP4N lapor Manis, Rizal.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan