oleh

Walikota Blitar Pastikan, Kota Blitar, Masuk Level 1 Sebaran Corona

Blitar, Infobanua.co.id – Meski terdapat perbedaan hasil assesment dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), karena adanya beberapa indikator dalam penentuan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Walikota Blitar, Santoso, memastikan jika Kota Blitar saat ini sudah berada di PPKM Level 2 sebaran Corona Virus Disease-2019 (covid-19) sampai dengan hari Senin 04 Oktober 2021 mendatang.

“Hasil asesment Kemenkes yang dirilis Gubernur Jawa Timur (Jatim) Rabu 22 September 2021, Kota Blitar berada di PPKM Level 2,” kata Walikota Blitar Santoso, Kamis 23 September 2021.

Menurut Santoso, turunnya level PPKM Kota Blitar yang sebelumnya berada di Level 3, sekarang berada di Level 2 sebab Kota Blitar sudah memenuhi semua indikator penurunan Level, satu diantaranya capaian vaksinasi yang lebih dari 60 porsen.

“Untuk itu kami berharap, agar warga masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara benar dan ketat, agar level PPKM Kota Blitar dapat segera turun lagi pada Level 1,” jlentrehnya.

Sementara ditempat terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto, mengatakan, jika penentuan Level PPKM dipengaruhi oleh beberapa indikator.

“Yakni dari hasil assesment Kemenkes, Kota Blitar berada di PPKM Level 2. Sedangkan berdasarkan hasil asesmen Kemendagri, Kota Blitar berada di Level 3,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto.

Menurut Didik, hal itu dapat terjadi, karena adanya indikator aglomerasi wilayah Blitar Raya, yang saat ini Kabupaten Blitar berada di Level 3 sehingga eratnya arus transportasi antara Kabupaten dan Kota Blitar ikut berpengaruh.

Ketika disinggung terkait peta Level yang diunggah media sosial Dinas Kominfo Jatim, Kota Blitar berada di PPKM level 1, Didik enggan berkomentar karena pihaknya tidak mengetahui hal tersebut. (Eko.B). 

News Feed