infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Dinas Kesehatan HSU Genjot Pembangunan Faskes

Dinas Kesehatan HSU Genjot Pembangunan Faskes

Amuntai, infobanua.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus menggenjot pembangunan Fasilitas Kesehatan (Faskes) Kali ini giliran Puskesmas di daerah sangat terpencil di Kecamantan Paminggir yang menjadi prioritasnya.

Hal ini dilakukan untuk peningkatkan pelayanan kesehatan melalui penambahan fasilitas gedung rawat inap.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes HSU H Danu Fran Fotohena menuturkan Tahapan pertama pembangunan sudah dilaksanakan yaitu pemasangan pondasi dan persiapan cor lantai dasar.

 

“Selanjutnya 3 bulan ke depan diharapkan bangunan sudah selesai, pertengahan Desember 2021” Terang Danu, Senin (27/9/2021)usai melakukan peninjauan pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Paminggir

 

Lebih lanjut, dikatakannya saat ini gedung rawat inap puskesmas paminggir hanya 1 lantai dengan kapasitas 10 tempat tidur untuk pasien dan sarana lainnya sesuai dengan PMK No 43 th 2019 tentang Puskesmas.

 

Menurut Danu, Gedung rawat inap yang dimiliki Puskesmas Paminggir berfungsi menyediakan pelayanan rawat inap bagi masyarakat kecamatan Paminggir sehingga memudahkan masyarakat ketika berobat.

 

Oleh karena itu, harus memerlukan pelayanan rawat inap untuk kasus atau penyakit tertentu.

 

Gedung Rawat Inap Puskesmas Paminggir ini dibangun juga sebagai bentuk penguatan  pelayanan kesehatan kepada masyarakat dari pemerintah daerah.

 

Yang mana dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sehingga pemerintah daerah mengharapkan dukungan dari masyarakat dalam proses pembangunannya serta dukungan dari semua pihak, baik pihak kepolisian untuk keamanannya, kejaksaan maupun Kodim 1001/HSU.

 

Hal ini juga dimaksudkan untuk mempercepat proses pembangunan dan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan menyerap anggaran sesuai dengan kontrak yang telah dibuat.

 

“Jika gedung rawat inap sudah siap, segera akan disiapkan SDM dan alkes penunjang nya, sehingga pelayanan rawat inap bisa dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat khususnya Kec. Paminggir, paling lambat tahun depan,

Kita berupaya terus menerus menjadikan Kabupaten HSU yang Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif atau HSU MANTAP, Khususnya di Bidang Pelayanan Kesehatan,” pungkasnya.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan